PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN

  • YULFIANA IKA DAYANTI

Abstract

Abstrak

Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran berbasis student center namun dalam kenyataannya di SMA Wachid Hasyim 2 Taman pembelajaran yang berlangsung di sana masih berpusat terhadap guru, hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman dan hasil belajar yang rendah karena siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran, maka diperlukan inovasi model pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model problem based learning (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dengan siswa yang tidak menerapkan (3) keaktifan siswa yang menerapkan model problem based learning. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan kemampuan siswa yang hampir sama. Teknik pengumpulan data berupa metode tes dan observasi. Teknik analisis data meliputi analisis butir soal, analisis perbandingan hasil belajar menggunakan uji t, analisis keaktifan siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan (1) hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran problem based learning mengalami peningkatan ditunjukan dengan uji statistic paired sample t-test nilai pretest dan posttest kelas XI IIS 1 diperoleh hasil  dengan menggunakan α : 5%, p (0,000) <α (0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang tidak menerapkan, perbedaan ditunjukan dengan uji statistic independent sample t-test, diperoleh hasil nilai α : 5%, p (0,000) <α (0,05), (3) keaktifan siswa yang menerapkan model problem based learning, mengalami peningkatan  rata-rata presentasenya sebesar 83,6% , keaktifan siswa termasuk dalam kriteria aktif dengan aktivitas siswa yang selalu meningkat pada waktu  proses pembelajaran.

 

Kata Kunci:      Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa

Published
2016-07-26
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 38