PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN (PROBLEM BASED LEARNING DAN EKSPOSITORI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN FENOMENA ANTROPHOSFER ( Studi Kasus Pada Kelas XI IPS SMAN 4 Sidoarjo)

  • INTAN RISKI YULIANA

Abstract

ABSTRAK

Strategi pembelajaran berbasis masalah menfasilitasi siswa untuk belajar melalui keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah mulai dari tahapan orientasi pada masalah, mengorganisir untuk memecahkan masalah, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, menyajikan hasil karya serta mengevaluasi pemecahan masalah,sedangkan strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang sifatnya mirip metode ceramah, tetapi guru hanya menjelaskan mengenai inti materi sementara pengembangannya menjadi tugas bagi siswa. Guru berbicara pada awal pelajaran, menerangkan materi, dan contoh soal, serta waktu-waktu tertentu saja.

 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Ekspositori, dan (3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan strategi Pembelajaran. Sampel yang terdiri dari Kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen (penerapan strategi pembelajaran langsung) dan XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok kontrol (penerapan strategi pembelajaran ekspositori). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan analisis data yang bersifat deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perubahan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning, (2 terdapat perubahan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Ekspositori, dan (3) jenis Strategi Belajar memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa. Selain itu, perbedaan rerata nilai Postest antara Strategi AProblem Based Learning dengan Strategi Ekspositori juga menunjukkan hasil yang juah berbeda, dimana hasil belajar siswa pada kelas eksperiment menunjukkan hasil yang lebih baik.

 

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Ekspositori, Hasil Belajar

Published
2016-07-29
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 30