KAJIAN TINGKAT PERKEMBANGAN WILAYAH PADA TIAP DESA DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

  • ILMIYATUZ ZAKIYAH

Abstract

KAJIAN TINGKAT PERKEMBANAGAN WILAYAH PADA TIAP DESA DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN 

 

Ilmiyatuz Zakiyah 

Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

ilmigotik@gmail.com

 

Dr. Nugroho Hari Purnomo., M.T.

Dosen Pembimbing Mahasiswa

 

Abstrak

Berdasarkan data Pusat Statistik tahun 2014, desa-desa di Kecamatan Paciran  memiliki perbedaan laju pertumbuhan yang tinggi, khususnya antara wilayah pusat pengembangan dengan daerah belakangnya. Pada fenomena ini perlu diketahui sebab-sebab  terjadinya tingkat perkembangan dengan adanya Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Pelabuhan ASDP di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) prosentase penggunaan lahan di Kecamatan Paciran dari tahun 1997 - 2013 2) tingkat perkembangan sosial-ekonomi wilayah di Kecamatan Paciran 3) arah perkembangan wilayah tiap desa di Kecamatan Paciran.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif mengenai tingkat perkembangan wilayah, dengan menggunakan metode korelasi keruangan. Jenis pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pendekatan keruangan. Pendekatan keruangan dalam penelitian ini berupa  pendeskripsian ruang mengenai identifikasi, inventarisasi dan klasifikasi indikator-indikator dalam menentukan tingkat perkembangan wilayah serta persebarannya dalam ruang geografis, ruang geografis sendiri adalah wilayah Kecamatan Paciran dengan unit analisis 17 Desa

Hasil penelitian ini menunjukkan Kecamatan Paciran pada Tahun 1997 sampai Tahun 2013 bertambahnya lahan yang terbangun dari 303 Ha menjadi 526 Ha atau naik sekitar 3.6% hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan perkembangan wilayah dalam penggunaan lahan yang terjadi pada Kecamatan Paciran. Berdasarkan hasil skoring untuk menentukan tingkat perkembangan sosial-ekonomi wilayah pada tiap desa di Kecamatan Paciran yaitu 5 desa dengan tingkat perkembangan tinggi, 2 desa dengan tingkat perkembangan sedang dan 10 desa dengan tingkat perkembangan rendah. Hasil analisi mengenai arah perkembangan wilayah pada tiap desa di Kecamatan Paciran ini menyebar ke arah timur dan barat dari pusat Kecamatan Paciran dan mengacu pada wilayah utara. Perkembangan wilayah pada Kecamatan Paciran memang memiliki pengaruh dengan adanya Wisata Bahari Lamongan dan Pelabuhan Angkutan sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), tetapi ada juga pengaruh lain yaitu ketersediaan pelayanan pendidikan bagi masyarakat sehingga akan memicu terhadap pelayanan sosial dan ekonomi yang baik pula, karena semakin tinggi tingkat pelayanan pendidikan maka wilayah tersebut akan menjadi pusat aktivitas masyarakat hal itu juga akan berpengaruh terhadap permintaan masyarakat akan pemenuhan   kebutuhan yang bersifat perdagangan dan jasa. Oleh karena itu upaya yang dilakukan dalam pemecahan kesenjangan antar wilayah ini dapat ditempuh dengan meningkatkan sarana dan prasarana untuk membuka keterisolasian wilayah.

 

Kata kunci : Tingkat perkembangan wilayah.

 

Abstract

Based on statistics data year 2014, the villages in Paciran subdistrict had high difference of growth rate, especially development between central region and backside area. It is, needed to know what the reasons of it is a development Maritime Tourism of Lamongan (WBL) and ASDP harbor in District Paciran, Lamongan Regency. The purpose of this research were to know 1) percentage of land using in District of Paciran from year 1997 to 2013, 2) regional development of social economy rate in District of Paciran, 3) direction of regional development in each villages in District of Paciran.

The type of this research is quntitative descriptive about regional development rate, using space correlation method and space approach. Space approach consisted of descriptioning space about identification, inventorization, and classification of indicators that determining regional development rate and its dissemination in geographycal space. The geographycal space was regional in District of Paciran by analysis unit of 17 villages.

The result shows that District of Paciran in year 1997 to 2013 increases of building land from 303 Ha to 526 Ha or about 3,6%. It shows there is increasing of regional development for land using in District of Paciran. Based on scoring result to determine regional development of social economy rate in each villages in District of Paciran that 5 villages are in high level, 2 villages are in medium level, and 10 villages are in low level. Analysis result about the direction of regional development in each villages in District of Paciran that deploy east-ward and west-ward from central of District Paciran and according to north-ward. Regional development in District of Paciran has influence with Maritime Tourism of Lamongan (WBL) and ASDP harbor, and the other is availability of education service for public so that causes good social-economy service too. As higher of education service so that region will be central area of public activity. That has an effect on demand of commodity and service to fill the bill. Therefore, solution is needed to solve the interregional imbalanced by increasing facilities and infrastructure to break isolation area.    

 

 Keywords: level of development area

Published
2016-08-18
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 66