PERSEPSI PENGGUNA ANGKUTAN KOTA TERHADAP KEBERADAANNYA DI KOTA MOJOKERTO

  • IKLINA DWI ASTUTI

Abstract

Abstrak

Transportasi di kota Mojokerto, terutama angkutan kota yangada pada lima tahun terakhir ini mengalami penurunan yang sangat signifikan. Kondisi ini terjadi kibat beberapa hal yang seharusnya diperhatikan oleh beberapa pihak agar banyak masyarakat yang menggunakan angkutan kota di kota Mojokerto. Tujuan dari ini adalah untk menganalisis kondisi angkutan kota dan persepsi masyarakat terhadap angkutan kota di kota Mojokerto.

                                Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitiannya adalah angkutan kota di kota Mojoketo dan penumpangnya. Sumber data yang dikumpulkan adalah gambaran umum beroperasinya angkutan kota di kota mojokerto, dan wawancara kepada para penumpang angkutan kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan penurunan angkutan kota di kota Mojokerto lima tahun terakhir dengan cara wawancara ke Dinas Perhubungan kota Mojokerto, wawancara kepada para penumpang angkutan kota tentang kondisi dan persepsi masyarakat terhadap angkutan kota di kota Mojokerto.

                                Hasil penelitian menunjukkan bahwa, angkutan kota di kota Mojokerto yang masih beroprasional sebesar 142 dengan melibatkan sopir sebanyak 142 yang beroperasi setiap hari.Banyak sopir yang sebagian besar bergantung pada  penghasilanangkutan kota. walaupun dari keadaan fisik dilihat dari tahun pembuatan semuanya usia dibawah tahun 2005 (berusia lebih dari 10 tahun). Operasional angkutan kota para sopir yang beropari setiap harinya daripada yang tidak beroperasi. Tingkat kenyamanan di dalam angkutan kota masih sangat kurang memadai. tingkat kebersihan dalam angkutan kota masih sangat buruk, karena para sopir angkutan kota membiarkan bagian dalam angkutan kota kotor dan tidak dibersihkan. ketepatan waktu juga kurang memadai karena sekali jalan waktu yang diperlukan dapat lebih dari 1 jam, karena angkutan kota banyak berhenti untuk mencari penumpang. Sedangkan masalah keamanan dan tarif,para penumpang mengatakan bahwa angkutan kota selalu  aman dan tarifnya terjangkau.

Published
2016-08-25
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 131