PENGEMBANGAN HANDOUT GEOGRAFI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Authors

  • SUCI APRILIA SARI

Abstract

ABSTRAK

  Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti di MA BAHRUL ULUM mengenai bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran, siswa hanya memperoleh  materi pelajaran dari buku teks yang terbatas serta referensi buku  geografi di perpustakaan yang kurang variatif sehingga dalam pembelajaran siswa hanya bergantung pada guru dan buku teks yang terbatas dan menyebabkan hasil belajar yang masih rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan hasil belajar siswa setelah diberikan bahan ajar berupa Handout geografi pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan 4D model Thiagarajan yang mempunyai 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian ini hanya dilakukan tiga tahap yaitu pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan, tahap ke empat yaitu penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Pengembangan perangkat berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout dan tes hasil belajar. Mengetahui dampak pengembangan handout terhadap hasil belajar siswa dilakukan dengan cara memberikan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis hasil belajar siswa menggunakan SPSS 16 dengan uji t.

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi dosen ahli  mendapatkan persentase sebesar 66,7%  untuk  kelayakan desain, 80% untuk kelayakan isi dan 80% untuk kelayakan Bahasa.Validasi guru geografi  mendapat persentase sebesar 80% untuk kelayakan desain, 95% untuk kelayakan isi dan 80% untuk kelayakan bahasa.Menurut skala likert dengan kriteria yang di peroleh menunjukkan bahwa handout layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pre test dan post test kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dengan menggunakan uji one sample Kolmogorov smirnov. Uji perbedaan hasil pre test dan post test dengan menggunakan uji t paired sample t test pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen diperoleh nilai p sebesar 0.000 < α sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan handout.

Kata kunci: Handout Geografi, Materi Pelestarian Lingkungan Hidup  

Abstract

The result of interview conducted by researcher in MA Bahrul Ulum about learning material used in teaching and learning process showed that the students only received limited information from text books and geography books in the library. Therefore, during teaching and learning process, students just depended on teachers and those limited text books. This study aimed to find out development process, appropriateness, and students’ learning outcomes after given geography handouts as learning materials on Environmental Preservation in Relation with Sustainable Development subject.

The design of this research was developmental research using 4D model by Thiagarajan which consists of four stages: defining, planning, developing, and dissemination. However, in this research there were only three stages used, they were; defining, planning, and developing, whilst the fourth stage, dissemination, was not conducted because of limited time and expense. Teaching and learning set developed were lesson plan, hand out, and post-tests. In order to find out the effects of handout development on students’ learning  outcomes, the writer gave  pre-test and post-test on the experiment class and control class.

The results of this research showed that the validation from expert lecturer were  66,7% for the design,80% for the contents and 80% for the language and from geography teacher were  80% for the design, 95% for the contents and 80% for the language and it showed that the handout was appropriate to be used in teaching and learning process.  According to the result of pre-test and post-test data analysis on experiment class and control class, it can be concluded that data of the two classes normally distribute using one sample test proposed by Kolmogorov Smirnov. Thus, the writer conducted a test to find out the difference between pre-test and post-test result using paired sample T test on experiment class. From experiment class, it is obtained that p value was 0.000 < a , therefore it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted which then shows that there is difference between before and after using handout  

Keywords: Handout Geography, Material conservation of the environment

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-17
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 32