KAJIAN TENTANG PILIHAN MODA TRANSPORTASI PEKERJA MIGRAN SIRKULER DARI KECAMATAN KERTOSONO KE KABUPATEN NGANJUK
Abstract
Moda transportasi banyak mengalami perubahan, pemerintah di kota besar mulai mengurangi angkutan pribadi dengan memperbaiki fasilitas pada moda angkutan umum sehingga akan menjadi pertimbangan bagi pengguna moda. Pemilihan moda dikatakan sebagai tahap penting dalam perencanaan transportasi. Kecamatan Nganjuk merupakan pusat pertumbuhan dari Kabupaten Nganjuk, dimana pusat pertumbuhan akan dijadikan sebagai tujuan para pekerja untuk menghasilkan barang maupun jasa termasuk pekerja dari Kecamatan Kertosono. Jarak Kecamatan Kertosono ke Kecamatan Nganjuk sekitar 30 km atau 30 menit sehingga membuat para pekerja yang tidak menetap akan melakukan perjalanan setiap hari. Para migran sirkuler tersebut akan dihadapkan pada pilihan jenis moda trasnportasi, yaitu angkutan umum dan angkutan pribadi. Migran sirkuler dalam menentukan pilihan jenis angkutan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti tempat tinggal, jarak tempuh, biaya dan lama perjalanan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) berapa model transportasi yang dilakukan oleh migran sirkuler pekerja dari Kecamatan Kertosono ke Kebupaten Nganjuk 2) faktor sosial dan ekonomi yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi migrasi sirkuler pekerja dari Kecamatan Kertosono ke Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja migran sirkuler dari Kecamatan Kertosono ke Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan metode snowball sampling.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model penggunaan moda transportasi migran sirkuler dari Kecamatan Kertosono menuju Kabupaten Nganjuk ada 4 model yaitu 1) dari rumah ke tempat kerja menggunakan moda angkutan umum rata – rata digunakan oleh migran sirkuler yang sudah menikah 2) dari rumah menggunakan moda angkutan pribadi kemudian ganti menggunakan moda angkutan umum digunakan oleh migran sirkuler yang tempat tinggalnya jauh dari jalan utama kabupaten 3) dari rumah menggunakan moda angkutan umum lalu berpindah menggunakan moda angkutan pribadi digunakan oleh migran sirkuler yang tempat kerjanya jauh dari terminal 4) dari rumah langsung ke tempat kerja menggunakan moda angkutan pribadi digunakan oleh migran sirkuler wanita yang menginginkan kemudahan dalam transportasi.
Kata kunci: Migran Sirkuler, Moda Transportasi
Abstract
Transportation modes have many changes, the goverment of major city began to reduce private transport by improving the facilities of public transport so that will be taken into consideration for transportation mode user. Selection mode can be said to be an important step in the planning of transportation. Nganjuk Subdistrict is the central of the growth of NganjukDistrict, which will serve as a growth center of interest of the workers to produce goods and services, including workers from the Kertosono Subdistrict. Distance of Kertosono Subdistrict to the Nganjuk District is about 30 km or 30 minutes so it will make the workers who do not settle will be traveling every day. The circular migrants will be faced with the choicesoftrasnportasi modes, they are public transportation and private transportation. The circular migrants to determine the choice of transportation mode,circular migrants consider various factors, such as housing, mileage, cost and time of travel. The purpose of this study were for1) how many models of transport carried out by circular migran of workers from the KertosonoSubdistrict to Nganjuk District 2) the social and economic factors that influence the selection of transportation modes circular migration of workers from the Kertosono Subdistrict to Nganjuk District.
This research includes qualitative research with phenomenological approach. The target in this research are all circular migrant workers from Kertosono Subdistrict to Nganjuk District by using snowball sampling method.
Results of this research showed that the usage model of transportation mode for circular migrants from the KertosonoSubdistrictto Nganjuk Districthave four models, they are 1) from home to work place using public transport is mostly used by married informants 2) from home they use private transportation mode and then switchto using public transportation is used by informants who lived far away from the main street districts 3) from home they use public transportation mode and then switchto using privatetransportaion used by informants that their workplace is far from bus station 4) from home directly to the work place using private transportation mode used by lady informants who want the ease of transportation.
Keywords: Circular Migrants, Transportation Mode
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

