PENGEMBANGAN MEDIA KARTU MITIGASI BENCANA UNTUK MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI POKOK MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM KELAS X MAN 1 GRESIK

Authors

  • ARAFAT KHOMAENI

Abstract

 

Abstrak

Penelitian yang dilakukan peneliti didasarkan pada permasalahan bahwa siswa di MAN 1 Gresik kelas X IIS 1 pasif dan tidak bersemangat dalam belajar, siswa kelas tersebut memiliki karakteristik hiperaktif yaitu apabila siswa sedang dalam keadaan bersemangat siswa akan ramai sendiri dan tidak kondusif namun ketika siswa tidak bersemangat siswa akan mengantuk, oleh karena itu peneliti mengembangkan media yang dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan simpel dengan permainan yang menyenangkan sehingga memberikan motivasi siswa dalam belajar, memberikan semangat, membuat materi yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Peniliti memilih kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol karena kedua kelas tersebut memiliki karakteristik yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. kelayakan media kartu mitigasi bencana pada pelajaran Geografi 2. respon siswa terhadap media kartu mitigasi bencana pada pelajaran Geografi 3. aktivitas guru pada pembelajaran menggunakan kartu mitigasi bencana 4. aktivitas siswa pada pembelajaran menggunakan kartu mitigasi bencana 5. hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan media kartu mitigasi bencana.

Metode penelitian ini menggunakan R & D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari enam tahap : Analyze learner (menganalisis karakteristik siswa) , State Objective (menetapkan tujuan pembelajaran), Select Media and Material (memilih, metode, media dan bahan ajar), Utilize Media and Material (menggunakan metode, media dan bahan ajar), Require Learner Participant (mengikutsertakan partisipasi siswa), Evaluated and Resive (evaluasi dan revisi).

 Penelitian ini diperoleh bahwa hasil penelilitan berdasarkan rumusan masalah terdiri dari kelayakan media pembelajaran, respon siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Kelayakan media kartu mitigasi bencana sebesar 80,00% (layak), kelayakan perangkat pembelajaran sebesar 70,58% (layak) yang dinilai oleh validator ahli, respon siswa mendapatkan nilai sebesar 82,75% (sangat layak), aktivitas guru kelas eksperimen sebesar 84,00% (sangat layak), aktivitas guru kelas kontrol sebesar 58,00% (cukup baik), aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 91,67% (sangat layak), aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 61,07% (cukup baik), rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 57, nilai rata-rata posttest sebesar 79, rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 58 dan rata-rata nilai posttest sebesar 69. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji Independent sample test di kelas eksperimen maupun kelas kontrol menunjukan bahwa nilai p sebesar 0,000 sehingga nilai p < α 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest dikelas eksperimen dan kelas kontrol dari uji paired sample t-test pretest dan posttest yang dilakukan di kelas eksperimen menunjukan bahwa nilai p sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media belajar kartu mitigasi bencana layak dan memenuhi kriteria untuk dijadikan media belajar pada pokok bahasan mitigasi dan adaptasi bencana alam kelas X.

Kata Kunci : ASSURE, Media Kartu Mitigasi Bencana, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-14
Abstract views: 109 , PDF Downloads: 165