Analisis Karakteristik Sosial dan Ekonomi Pedagang di Pasar Ploso Desa Losari Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang
Abstract
Abstrak
Menurut data Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Ploso dari komposisi pedagang di pasar Ploso lebih banyak pedagang dari luar kecamatan Ploso dari pada yang berasal dari kecamatan Ploso. Pedagang los (Tanpa atap) kebanyakan adalah asal kecamatan Ploso, sedangkan jenis kios dan toko kebanyakan adalah luar kecamatan. Tercatat dari 454 pedagang 165 pedagang berasal dari kecamatan Ploso dan 289 pedagang berasal dari luar kecamatan Ploso, hal ini dikarenakan disamping dari segi sosial yakni perbedaan daerah asal pedagang yang mempengaruhi hubungan sesama anggota pedagang, pelanggan dan klien juga dikarenakan perbedaan dari segi ekonomi atau hubungan pedagang dengan tersedianya pasokan-pasokan barang dan uang yakni modal dan pendapatan antar pedagang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat sosial dan ekonomi pedagang yang berasal dari kecamatan Ploso dan luar kecamatan Ploso, menganalisis motif pedagang asal kecamatan Ploso dan luar kecamatan Ploso berdagang di pasar Ploso. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Lokasi penelitian adalah di pasar Ploso desa Losari kecamatan Ploso kabupaten Jombang. Populasinya adalah 454 pedagang dengan sampel 78 pedagang yang berasal dari kecamatan Ploso dan 135 pedagang dari luar kecamatan Ploso. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan skoring dengan skala interval untuk mengetahui tingkat sosial dan ekonomi pedagang yang berasal dari kecamatan Ploso dan luar kecamatan Ploso serta mengetahui tingkat motifnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat sosial dan ekonomi pedagang yang berasal dari kecamatan Ploso tergolong sedang, sedangkan pedagang yang berasal dari luar kecamatan Ploso tergolong tinggi. Tingkat motif pedagang untuk memanfaatkan fasilitas pasar Ploso yang berasal dari kecamatan Ploso tergolong sedang, sedangkan dari luar kecamatan Ploso tergolong tinggi.
Kata kunci : Tingkat Sosial dan Ekonomi, Tingkat Motif, Pedagang Kecamatan Ploso dan Pedagang Luar Kecamatan Ploso di Pasar Ploso.
Abstract
According to data of UPTD ( Regional Technical Implementation Unit) in Ploso Market, the number of the sellers in Ploso market who come from another area of ploso is more than sellers from ploso. ‘Los’ sellers (without roof) mostly come from Ploso while sellers who have stalls and shops mostly come from another area of ploso. Recorded from 454, 165 sellers who come from Ploso and 289 another area of Ploso. That happens because of social aspects, the difference of sellers’s domicile which affect to relationships among sellers, customers and clients. It is also caused by difference of aconomical aspects, relation between sellers with the availability of goods supplies and money, capital and income among sellers
The purposes in this study was to analyze the social and economical level of sellers coming from Ploso and another area of Ploso and to analyze the motives between sellers coming from Ploso and another area of Ploso. The type of this research was a survey research. The settings of this research was in Ploso Market, Losari-Ploso-Jombang. The population were 454 sellers in which the sample consisted of 78 sellers coming from Ploso and 135 from another area of Ploso. Data collection techniques in this study were using observation, interview and documentation. While data analysis technique used scoring data analysis with interval scale on measurement scale to determine the social and economical levels of sellers coming from Ploso and another area of Ploso. And to know their motive level.
The results of this research showed that the social and economical level of sellers coming from Ploso were classified as medium. While the social and economical level of sellers coming from another area of Ploso was classified as high. And motive level of sellers coming from Ploso was classified as medium. While the motive level of sellers from another area of Ploso was classified as high.
Keywords: Social and economical level, motive level, sellers who come from Ploso and another area of Ploso
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 51
,
PDF Downloads: 151