ANALISIS BERBASIS CLUSTER TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKAWINAN DI BAWAH UMUR DI KABUPATEN KEDIRI

  • Muchammad Farid Zain

Abstract

Kabupaten Kediri merupakan daerah yang maju. Karesidenan Kediri memiliki jumlah dispensasi kawin terbanyak diantara daerah lainya dengan jumlah 151 kasus di tahun 2016. Dispensasi kawin diberikan Pengadilan Agama kepada calon mempelai yang belum cukup umur untuk menikah atau laki-laki di bawah umur 19 tahun dan pihak wanita di bawah umur 16 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengelompokan faktor-faktor yang mempengaruhi perkawinan di bawah umur di Kabupaten Kediri.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ada 60 responden yang dibagi dalam 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri. Analisis penelitian menggunakan analisis cluster dengan 3 tingkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan di Kabupaten Kediri terbagi menjadi 3 cluster yaitu cluster 1 dengan predikat cluster tinggi meliputi wilayah Kecamatan Semen, Kras, Ringinrejo, Wates, Ngancar, Puncu, Pagu, Gampengrejo, Banyakan, dan Grogol dengan variabel yang berpengaruh yaitu variabel Budaya. Cluster 2 dengan predikat cluster rendah meliputi wilayah Kecamatan Plosoklaten, Gurah, Kepung, Kayen Kidul, dan Tarokan dengan variabel yang berpengaruh yaitu Tingkat Pendidikan, Kondisi Ekonomi, Pengetahuan, Kondisi Sosial, Peran Orang Tua, Budaya, Agama, dan Media Massa. Cluster 3 dengan predikat cluster sedang meliputi wilayah Kecamatan Mojo, Ngadiluwih, Kandat, Kandangan, Pare, Badas, Kunjang, Plemahan, Purwoasri, Papar, dan Ngasem dengan variabel yang berpengaruh yaitu Kondisi Ekonomi, Pengetahuan, Kondisi Sosial, Pendidikan Orang Tua, Peran Orang Tua, Agama dan Media Massa. Variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan cluster-cluster di wilayah Kabupaten Kediri meliputi variabel Tingkat Pendidikan, Kondisi Ekonomi, Pengetahuan, Peran Orang Tua, Budaya, dan Media Massa. Variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu Kondisi Sosial, Pendidikan Orang Tua, dan Agama.

Kata kunci : Usia kawin, Pernikahan, Analisis cluster

Published
2017-11-02
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 177