KAJIAN KELAYAKAN POTENSI GOA NGERONG UNTUK TUJUAN WISATA SUSUR GOA DI OBYEK WISATA GOA NGERONG KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN

  • Dedi Setiyawan

Abstract

Abstrak

Goa merupakan salah satu ciri khas bawah permukaan karst yang memiliki nilai tinggi dan dapat dijadikan sebagai wisata minat khusus. Goa yang memiliki hiasan dinding (ornament) bagus akan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Di Kabupaten Tuban terdapat banyak goa yang saat ini mulai gencar di kelola baik oleh masyarakat maupun pemerintah kabupaten. Salah satunya adalah Goa Ngerong yang berada di Kecamatan Rengel. Berdasarkan data kunjungan wisatawan di obyek wisata Goa Ngerong masih lebih sedikit dibandingkan Goa Akbar yang menjadi obyek wisata di Kabupaten Tuban. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kelayakan Goa Ngerong untuk dijadikan sebagai obyek wisata susur goa.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di Goa Ngerong yang terletak di Desa Rengel Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Subyek penelitian ini adalah Goa Ngerong dan obyek penelitiannya adalah potensi yang dimiliki Goa Ngerong meliputi daya tarik, sarana, aksesibilitas, dan keamanan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik skoring Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA).

Goa Ngerong adalah obyek wisata goa yang masih menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Kabupaten Tuban. Hasil perhitungan dapat diklasifiasikan bahwa Goa Ngerong memiliki potensi yang tinggi, dan potensi yang dimiliki Goa Ngerong sangat layak untuk di kembangan sebagai wisata susur goa dengan presentase kelayakan sebesar 84%. Goa Ngerong layak untuk di kembangkan sebagai wisata susur goa dan potensinya masih dapat di tingkatkan.

Kata Kunci: Wisata susur goa,  Goa Ngerong,  pengembangan

 

Abstract

The cave is one of the characteristic  karst subsurface that has high value to be specific interest. The cave that has a nice ornament will be the main attraction for tourists visiting. There are many caves in Tuban that are now starting to be intensively managed by both community and district government. One of them is Goa Ngerong located in Rengel subdistrict. Based on data visit tourism of Goa Ngerong, it more little than Goa Akbar as tourism at Tuban district. The purpose of this Research aimed to know the feasibility of Goa Ngerong to serve as caving tour attractions.

This research includes was quantitative descriptive.The locatian of this research at Goa Ngerong, Rengel Subdistrict, Tuban district The subject of this research was Goa Ngerong and object of this research were the potential of Goa Ngerong  including its attraction facilities, , accommodations, accessibility, and security. This research uses Data collection technique used observation and documentation. Data analysis techniques  used scoring Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA). 

Goa Ngerong  tourism still became the main destination for people in Tuban. The results of calculations showed that Goa Ngerong had high potential and was to be worthy as caving tour object with the feasibility of 84 percent. Goa Ngerong was possible to be developed as cave tourism caving and the potential will be increase.

Keywords : Caving tourism, Goa Ngerong, development

Published
2017-12-29
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 146