INVENTARISASI WISATA EDUKASI GONDANG OUTBOND (WEGO) UNTUK BELAJAR FLORA FAUNA PADA TINGKAT SD DAN SMP

  • Nurul Hakimatus Zaidiyah

Abstract

Abstrak

Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) merupakan salah satu wisata baru yang ada di Kabupaten Lamongan yang menggabungkan unsur kegiatan wisata alam dengan muatan pendidikan didalamnya. Wisata Edukasi ini menarik kalangan pelajar, karena di wisata ini dapat bermain sekaligus belajar. Pembelajaran luar kelas dapat mendorong motivasi belajar siswa, karena menggunakan alam terbuka sebagai sarana kelas untuk memberikan dukungan proses pembelajaran secara menyeluruh yang dapat menambah wawasan bagi peserta didik. Obyek pembelajaran di Wisata Edukasi Gondang Outbond ini kurang berfariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasikan hewan dan tumbuhan yang ada di Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) untuk pembelajaran flora dan fauna pada tingkat SD dan SMP.

Jenis penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Variabel dalam penelitian ini meliputi jenis hewan berdasarkan makanannya dan jenis tumbuhan berdasarkan keping biji. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara mengidentifikasi hewan dan tumbuhan yang ada di Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) dan disesuaikan dengan kurikulum pembeajaran tingkat SD dan SMP.

Hasil penelitian ini adalah pada kurikulum kelas 4 SD bagian fauna diminta kompetensi dasar untuk mengidentifikasi hewan berdasarkan jenis makan dengan dilihat di Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) sudah terdapat hewan herbivora (kelinci, burung betet, kakak tua, burung pipit, merpati, burung beo, burung jalak), hewan karnivora (ular dan burung elang) hewan omnivora (ayam, bebek, burung gagak, ikan lele dan kera) termasuk sudah dapat mewakili untuk belajar fauna di Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO). Kurikulum kelas VIII SMP bagian flora diminta kompetensi dasar untuk mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan keping bijinya dengan melihat di Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) sudah terdapat tumbuhan dikotil (ubi kayu, kapas, ceremai, flamboyan, jambu biji, jarak) sedangkan tumbuhan monokotil (terdapat jagung, anggrek, pisang) termasuk sudah dapat mewakili untuk belajar flora di Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO).

Kata kunci: wisata edukasi, flora fauna

 

Abstract

Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) is one of the newest tourisms located in Lamongan. This provides the combination of Natural tourism and education. This educational tourism atracks many visitors who are mostly students, because they can learn while playing. Moreover, doing teaching lerning process outside class can improve students’ motivation, because the use of open nature as the facilities can support their goal in teaching learning. However, Wisata edukasi Gondang outbond is was still lacks of variations. This study aimed to inventory animals and the plants ,Wisata edukasi Gondang outbond(WEGO) This study was Quantitative descriptive by using survey as the metode to collect the data. The variable was animal based on the food they consume, and the plants based on the seed pieces. Observation and documentation were conducted by identifying animals and plants in Wisata edukasi Gondang outbond (WEGO) , and adjusted with the curriculum in elementary and junior high school. 

The result showed that identifying animals based on what they consume relating to the curriculum elementary on th fourth grade about flora and fauna. In Wisata edukasi Gondang outbond(WEGO),  there were herbivor animals  such as ( rabbit, parrrot, parrot, sparrows, pigeon, beo bird, bird netting) , for carnivorous such as ( snake and eagle) , and omnivorous animal (Chicken, ducks, crow, catfish, dan monkey) . The curriculum for Third grade junior high school was about flora, in which they were asked to identify plants based on their seeds pieces. The writer found that there were Monocotyledon Plants (cassava, cotton trees, ceremai, flamboyant, guava trees, jarak tress) , monocotil (corn, orchid, banana tress). Therefore, They could  learn this in the Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO).

Key words : education tourism, Flora fauna

Published
2018-02-06
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 231