DAMPAK INDUSTRI PERTAMBANGAN MINYAK BUMI TERHADAP PERUBAHAN STRUKTUR SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA RAHAYU KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

  • SUMA LISTYANI
  • BAMBANG HARIYANTO

Abstract

Abstrak
Kabupaten Tuban adalah kabupaten yang ada kegiatan pertambangan minyak bumi yang dikelola oleh perusahaan asing yaitu Joint Operating Body Pertamina East Java. Desa Rahayu Kecamatan Soko Kabupaten Tuban adalah lahan yang paling luas digunakan untuk kegiatan eksploitasi industri pertambangan minyak bumi, lahan yang awalnya merupakan lahan pertanian milik masyarakat setempat. Mayoritas mata pencaharian awal masyarakat sebagai petani dengan adanya industri pertambangan minyak bumi lahan mereka mengalami perubahan penggunaan lahan menjadi proyek besar yang membuat mata pencaharian masyarakat berubah.Teori Schneider munculnya industrialisme akan menimbulkan perubahan stuktur sosial dan ekonomi masyarakat sekitar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di Desa Rahayu yang terdiri dari tiga Dusun yaitu Dusun Nggandu/Ndelik, Dusun Sarirejo dan Dusun Kayunan. Sampel dalam penelitian ini adalah 92 responden yang dibagi dalam tiga Dusun di Desa Rahayu. Sumber data merupakan data primer dan data sekunder. Alat instrument yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya industri pertambangan minyak bumi berdampak terhadap perubahan struktur sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Rahayu Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Perubahan terjadi pada mata pencaharian masyarakat yang awalnya homogen sebagai petani sejumlah 56,6 % setelah adanya industri berubah menjadi 25 % dan sisanya bekerja dalam bidang lain yaitu bidang industri, pedagang, PNS, peternak dan buruh. Perubahan jumlah peningkatan pendapatan masyarakat karena perubahan matapencaharian barunya. Pendapatan paling banyak setelah adanya industri adalah Rp 2.000.000,00 sampai Rp 3.000.000,00 dengan presentase sebesar 48,8 %.
Kata kunci: industri pertambangan minyak bumi, perubahan struktur sosial, perubahn struktur ekonomi.
Published
2018-05-18
Abstract Views: 298
PDF Downloads: 490