FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERBEDAAN JUMLAH PENGUNJUNG OBYEK WISATA AIR PANAS PRATAAN DAN NGANGET DI KABUPATEN TUBAN

  • ILHAM LUTHFI IDRIS
  • SRI MURTINI

Abstract

Abstrak
Kabupaten Tuban memilki dua obyek wisata pemandian air panas yaitu Prataan dan Nganget. Berdasarkan data pengelolaan pemandian Prataan, dan pengelolaan pemandian Nganget, serta dinas perekonomian dan pariwisata Kabupaten Tuban menunjukkan bahwa jumlah pengunjung wisata pemandian air panas yang mempunyai jumlah pengunjung terbanyak yaitu pemandian air panas Pratan dibandingkan jumlah pengunjung wisata pemandian air panas Nganget. Hal ini terbukti karena sudah dikelola oleh pemerintah Kabupaten Tuban sehingga terdapat fasilitas penunjang wisata seperti kolam renang, arena outbond, flaying fox, dll. Berbeda dengan obyek wisata pemandian air panas prataan, obyek wisata pemandian air panas Nganget tidak dikelola oleh pemerintah daerah, melainkan dikembangkan oleh dinas sosial Propinsi Jawa Timur khususnya untuk rehabilitasi penderita penyakit kusta. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perbedan jumlah pengunjung di objek wisata air panas prataan, dan air panas nganget 2) untuk mengetahui perbedaan karakteristik dari obyek wiasata air panas prataan dan air panas nganget.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode kuantitatif. Dengan tehnik Accidental sampling atau secara kebetulan. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 25 orang responden untuk setiap obyek wisata. Variabel penelitian diantaranya yaitu 1) aksesibilitas 2) atraksi 3) fasilitas penunjang 4) promosi 5) karakteristik obyek wisata. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari 1) observasi 2) kuisioner 3) dokumentasi . Tehnik analisis data dengan tehnik skoring yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitaif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aksesibilitas wisata air panas Nganget masuk dalam kategori sangat baik sedangkan air panas Prataan masuk dalam kategori baik 2) atraksi wisata air panas Prataan masuk dalam kategori sangat baik sedangkan air panas Nganget masuk dalam kategori kurang baik 3) fasilitas penunjang wisata air panas Prataan masuk dalam kategori sangat baik sedangkan air panas Nganget masuk dalam kategori kurang baik 4) promosi wisata air panas Prataan masuk dalam kondisi sangat baik sedangkan air panas Nganget masuk dalam kategori kurang baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa pengunjung lebih memilih obyek wisata air panas Prataan karena dari segi atraksi, fasilitas penunjang, dan promosi obyek wisata air panas Prataan lebih baik daripada air panas Nganget, meskipun di sekitar area obyek wisata air panas Nganget terdapat panti rehabilitasi dari dinas sosial Jawa Timur bagi penyandang penyakit kusta.
Kata Kunci : Air Panas, Karakteristik, Accidental Sampling

Published
2018-07-20
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 98