KEBERADAAN POLA ASUH GURU DALAM MENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 WARU SIDOARJO

  • CINTYA SILMI DHANURENDRI
  • KUSPRIYANTO

Abstract

Abstrak
Guru merupakan jabatan professional, tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa. Fungsi guru di dalam kelas sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasihat, pengelola kelas, demonstrator, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, inovator, mediator, dan evaluator. Guru harus menerapkan pola asuh yang baik agar tujuan pembelajaran yaitu berkembangnya potensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal.Guru mata pelajaran geografi juga harus memiliki dan menerapkan pola asuh yang baik agar mampu menyampaikan meteri mata pelajaran geografi diantaranya melukiskan keadaan bumi erat kaitannya dengan manusia, utamaya masalah kependudukan, kebudayaan, dan perekonomian sekaligus sebagai wahana pemersatu bangsa, menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme dengan baik.
Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian: bagaimanakah bentuk keberadaan pola asuh guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo? Bagaimanakah hasil pembelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo? Adakah hubungan antara keberadaan pola asuh guru dengan hasil pembelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo? Pendekatan penelitian “Mixed Methods” yaitu mengkombinasikan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data angket, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data statistik korelasi product moment dan deskriptif kualitatif.
Hasil analisis data nonstatistik pola asuh guru demokratis sebesar 91%, Hasil pembelajaran geografi meningkat dari 47% menjadi 97% mencapai KKM. Nilai rata-rata meningkat dari 74,06 menjadi 82,53. Hasil analisis statistik uji normalitas data pretes p value 0,177 ≥ 0,05 data terdistribusi normal. Data postes p value 0,200 ≥ 0,05 data terdistribusi normal. Uji paired samples test menyatakan ada hubungan antara pola asuh guru demokratis dengan hasil pembelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo.
Simpulan penelitian: bentuk pola asuh guru adalah Demokratis. Hasil pembelajaran geografi meningkat. Ada hubungan yang signifikan antara bentuk pola asuh guru demokratis dengan hasil pembelajaran mata pelajaran geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo.
Kata kunci: pola asuh guru, hasil pembelajaran.
Published
2018-07-23
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 492