ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS DI SIMPANG EMPAT LEGUNDI KABUPATEN GRESIK

  • ZAJULI AGVIO I
  • MUZAYANAH

Abstract

Abstrak
Gresik merupakan salah satu kabupaten yang dilalui jalur transportasi provinsi. Gresik mengalami masalah kemacetan lalu lintas, terutama di jalur penghubung antar kabupaten dan jalur kawasan industri. Salah satu wilayah yang macet adalah di simpang empat Legundi, Kecamatan Driyorejo, karena pertemuan empat jalur, yakni Gresik, Mojokerto, Surabaya dan Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui jumlah satuan mobil penumpang (SMP) di ruas Jalan Raya Legundi, 2) mengetahui besarnya kapasitas jalan di ruas Jalan Raya Legundi, satuan mobil penumpang, dan 3) melakukan analisis geografis kemacetan di simpang empat Legundi.
Penelitian ini adalah penelitian survei dengan rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kendaraan yang lewat Simpang empat Legundi. Penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Peneliti dalam hal ini akan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Penelitian dilakukan selama 5 hari (senin, selasa, jum’at, sabtu, dan minggu) di lokasi pada pukul 06.00-09.00 dan 13.00-17.00 dengan asumsi masyarakat melakukan rutinitas/aktivitas lebih intens
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai analisis kemacetan lalu lintas di simpang empat Legundi kabupaten Gresik, kapasitas jaringan jalan raya Legundi sebesar 1.900,95 smp/jam. Satuan mobil penumpang tertinggi pada hari sabtu pukul 14.00-15.00 sebesar 4.732,5 smp/jam. Lokasi simpang empat Legundi berdekatan dengan sungai mas dan pintu tol Krian. Banyaknya pengguna jalan yang menuju Gresik dan para pengguna jalan melakukan mobilitas sebagian besar dengan tujuan untuk bekerja (64%). Pola kemacetan di simpang empat Legundi yaitu menyebar. Jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas jalan di jalan raya legundi menjadi penyebab utama kemacetan.
Kata Kunci: Kemacetan, Lalulintas, Transportasi
Published
2018-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 808