KAJIAN PEMANFAATAN TERMINAL BARU MOJOSARI DI KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

  • YHANI HARI SAPUTRI EKO POSPASA
  • DARYONO

Abstract

Abstrak
Terminal merupakan salah satu fasilitas umum yang penting terhadap alur transportasi, karena itu untuk menunjang fasilitas transportasi menjadi lebih baik dibangun terminal baru Mojosari untuk mengantikan terminal lama Mojosari yang dianggap terlalu sempit dan sudah tidak sesuai. Perkembangannya Terminal Baru Mojosari tidak berfungsi dengan baik. Penelitian ini dilator belakangi oleh fakta di lapangan tentang tidak optimalnya pengoperasian dan pemanfaatan Terminal Baru Mojosari. Dua faktor utama tidak optimalnya Terminal Baru Mojosari. Pertama, penolakan supir angkutan umum untuk masuk ke terminal. Kedua, lokasi terminal yang jauh dari pusat fasilitas kota Mojosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi calon penumpang dan pengemudi angkutan umum Terminal Baru Mojosari terkait kondisi fisik terminal, untuk mengetahui persepsi pemudi angkutan umum terhadap lokasi Terminal Baru Mojosari, dan untuk mengetahui persepsi pengguna angkutan umum terhadap lokasi Terminal Baru Mojosari.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tiga variabel penelitian; 1) Kondisi fisik terminal, 2) Pemanfaatan Terminal Baru Mojosari, 3) Persepsi pengemudi angkutan umum terhadap lokasi Terminal Baru Mojosari, 4) Persepsi pengguna angkutan umum terhadap lokasi Terminal Baru Mojosari. Teknik pengumpulan data antara lain dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian, skor total penilaian kondisi fisik untuk fasilitas umum dan penunjang adalah 107 yang menunjukkan bahwa Terminal Baru Mojosari mempunyai fasilitas sudah baik. Skor total kondisi fisik yang secara langsung dirasakan pengemudi adalah 2442 yang menunjukkan bahwa Terminal Baru Mojosari mempunyai fasilitas sangat baik. Skor total persepsi pengemudi angkutan umum terhadap lokasi Terminal Baru Mojosari adalah 1987 yang menunjukkan bahwa menurut pengemudi jika masuk Terminal Baru Mojosari membutuhkan waktu cukup lama. Skor total persepsi pengguna angkutan umum terhadap lokasi terminal baru Mojosari adalah 1987 menunjukkan pengguna angkutan umum memerlukan waktu cukup lama untuk berjalan dari lokasi awal ke Terminal Baru Mojosari.
Kata Kunci : Terminal, Mojosari, Angkutan Umum, Penumpang.
Published
2018-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 34