PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZCITA (PUZZLE CINTA TANAH AIR) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUB MATERI KERAGAMAN FAUNA DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPIT INSAN PERMATA BOJONEGORO

  • ADHIKA RACHMAWATI
  • SUKMA PERDANA PRASETYA

Abstract

Abstrak
Proses pembelajaran memerlukan media yang sesuai dengan kondisi peserta didik kelas VII. Peserta didik kelas VII merupakan peserta didik dalam tahap peralihan dari sekolah dasar ke jenjang sekolah menengah pertama yang menyukai hal-hal kontekstual, permainan dan gambar-gambar sehingga membutuhkan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah media pembelajaran Puzcita (Puzzle cinta tanah air) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP. Kelayakan media pembelajaran puzcita ditinjau dari hasil validasi, hasil aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop (Pengembangan) tepatnya sampai tahap uji coba terbatas. Penelitian ini diujikan secara terbatas pada 25 peserta didik. Penelitian dilakukan di SMPIT Insan Permata Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dengan teknik validasi, teknik observasi aktivitas peserta didik, dan teknik tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Puzcita sebagai media pembelajaran dinyatakan sangat baik berdasarkan hasil validasi 1 dosen dan 1 guru IPS. Media pembelajaran Puzcita mendapatkan hasil rata-rata validasi sebesar 3,81 dengan kategori sangat layak. Aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama mendapatkan presentase yaitu sebesar 95% dan pada pertemuan kedua sebesar 98,33% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai N-gain yang mendapatkan rata-rata sebesar 0,60 sehingga termasuk dalam kategori sedang. Respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran mendapatkan presentase rata-rata sebesar 90,67% dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas, hasil belajar, dan respon peserta didik menunjukkan Puzcita sebagai media pembelajaran dapat dinyatakan layak.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Puzcita, hasil belajar
Published
2018-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 340