KAJIAN KARAKTERISTIK KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (KB) DI DESA MOJORANU KECAMATAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO

  • ARUM WAHYUNINGSIH
  • ITA MARDIANI ZAIN

Abstract

Abstrak
Kampung KB merupakan salah satu terobosan yang didesain khusus untuk menggerakkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di tingkat dusun atau kampung yang pemilihannya berdasarkan kriteria dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sehingga masing-masing wilayah Kampung KB memiliki karakteristik yang berbeda. Desa Mojoranu merupakan salah satu kampung KB yang jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) tidak ber-KB paling tinggi di Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto sebesar 40,9%. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik Kampung KB di Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto dan menganalisis faktor yang mempengaruhi keikutsertaan KB.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pasangan usia subur yang berusia 15-49 tahun. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statis deskriptif, Uji Chi Square dan Regresi Logistik berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kampung KB di Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto memiliki karakteristik yang sesuai dengan kriteria BKKBN sebesar 89% diantaranya tingginya jumlah keluarga miskin, kriteria wilayah merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS), partisipasi sekolah rendah, tersedianya data kependudukan yang akurat, partisipasi keluarga dalam program pembinaan ketahanan keluarga rendah, capaian program KB rendah, penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) rendah. Faktor yang mempengaruhi keikutsertaan KB berdasarkan uji Chi Square dan Regresi Logistik Berganda adalah pengetahuan dibuktikan dengan (p=0,000) dengan Relative Risk (RR) sebesar 6,14 dan (Sig. = 0,000) yang artinya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keikutsertaan KB.
Kata kunci : Karakteristik Kampung KB, Desa Mojoranu
Published
2018-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 218