KAJIAN INDUSTRI SANDAL SEPATU DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DANPEMASARANNYA DI KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Intan Oktavia Putri
Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, intanoputri@yahoo.co.id
Drs. H. Suhadi Hardjasaputra,M.Si.
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Abstrak
Sektor industri kecil sebagai salah satu alternatif penciptaan lapangan kerja yang banyak menyerap tenaga kerja yang sangat dibutuhkan seperti industri sandal sepatu di Kecamatan Waru. Jumlah pengrajin yang ada di Kecamatan Waru diharapkan mampu banyak menyerap tenaga kerja bagi penduduk di sekitar lokasi industri sehingga mampu membantu mengurangi jumlah pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui karakteristik pengrajin industri sandal sepatu di Kecamatan Waru, (2) mengetahui peranan industri sandal sepatu terhadap penyerapan tenaga kerja di Kecamatan Waru, (3) mengetahui pemasaran dari industri sandal sepatu di Kecamatan Waru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survey. Subyek penelitian ini adalah semua pengrajin industri sandal sepatu yang ada di Kecamatan Waru sebanyak 58 pengrajin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan metode wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa karakteristik pengrajin industri sandal sepatu di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo memiliki umur paling banyak yaitu 45-49 tahun, jenis kelaminnya dari 58 orang pengrajin terdapat enam orang perempuan, tingkat pendidikan pengrajin 74,2% adalah SMA, status kawin, pendapatan, banyaknya jam kerja, jumlah tanggungan keluarga, dan jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan tidak lebih dari 19 orang. Peranan industri sandal sepatu dari 6 desa ini mampu menyerap tenaga kerja sebesar 2,54% (593 orang) dari jumlah keseluruhan tenaga kerja yang bekerja di sektor industri. Asal wilayah sebaran tenaga kerja pada industri ini yang masih dalam satu desa dimana industri itu berdiri ada 80,6% tenaga kerja, dalam satu Kecamatan Waru lain desa ada 14,7%, luar Kabupaten Sidoarjo 2,9% tenaga kerja. Pemasaran hasil produksi dari industri sandal sepatu di Kecamatan Waru hampir ke kota-kota besar di seluruh Indonesia. Jumlah produk yang dipasarkan sebanyak 11.401 kodi per bulan dengan nilai produk sebesar Rp. 4.743.085.000,- dan dipasarkan ke 9 kota di luar Pulau Jawa dan 18 kota yang ada di Pulau Jawa.
Kata Kunci : Industri, Karakteritik Pengrajin, Tenaga Kerja, Pemasaran
Abstract
Small and medium enterprise industrial sector as an alternative job creation to absorb a lot of employment is needed in footrwear industry in the District of Waru. Total craftsmen at District Waru hoped to much to absorb labor for residents around the location of the industry so as to help reduce unemployment. This study aims to: (1) determine the characteristics of industrial craftsmen footwear in Waru district, (2) determine the role of footwear industry to employment in the District Waru, (3) determine the marketing of footwear industry in the District of Waru. This study is a survey study. The subjects of the study were all craftsmen footwear industry in the District Waru many as 58 craftsmen. The techniques of data collection uses a questionnaire by interview, observation, and documentation. The analysis of the data uses quantitative descriptive with the percentage. The study states that the characteristics of the industry craftsmen footwear in Waru Sidoarjo district has a lifespan of 45-49 years at the most, namely, gender of the 58 people there were six women artisans, craftsmen 74.2% level of education is high school, marital status, income, number of hours worked, number of dependents, and the number of workers employed no more than 19 people. Role of industry footwear 6 village is able to absorb labor at 2.54% (593 people) of the total number of people working in the industrial sector. Originally region distribution of labor in the industry is still in a village where the industry stood there 80.6% of the workforce, in the village there is another Waru District 14.7%, 2.9% outside Sidoarjo labor. Marketing of industrial products footwear in District Waru almost all major cities across Indonesia. Total of 11.401 products marketed score per month with the product is Rp. 4.743.085 billion, - and marketed to 9 cities outside Java and 18 cities in Java Island.
Keywords: Industry, characteristic of Craftsmen, employment, marketing
Downloads

