KESUBURAN TANAH BEKAS GALIAN TAMBANG UNTUK TANAMAN PADI DI DESA KARANGLO KECAMATAN MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG

  • INDAH KUMALA SARI
  • RINDAWATI

Abstract

Abstrak
Masyarakat di Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang sebagian besar bermatapencaharian sebagai pembuat genteng pres. Industri genteng dilakukan secara turun temurun. Bahan baku utama yang digunakan untuk membut genteng pres adalah tanah liat berkualitas bagus agar genteng yang dihasilkan juga berkualitas, jadi masyarakat mengambil bahan baku di sekitar desa. Penggalian sawah yang dilakukan secara terus menerus menyebabkan berkurangnya lahan produktifitas dan hilangnya lapisan top soil sehingga hasil produksi pertanian mengalami penurunan karena hilangnya kesuburan tanah, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesuburan tanah bekas galian tambang di Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Kabupeten Jombang dan upaya yang dilakukan pemilik sawah untuk memperbaiki kesuburan tanah sawah di Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh (Sensus) yaitu sebanyak 36 penduduk. Teknik pengumpulan data melalui observasi, uji laboratorium, dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan metode komparasi dan analisis deskriptif.
Hasil uji laboratorium diketahui bahwa unsur hara nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K) pada > 3 tahun diaktifkannya kembali lahan pertanian setelah diadakan penggalian tanah sawah sebesar 0,20 Nitrogen, 0,05 Fosfor dan 0,24 Kalium. Dua tahun diaktifkannya kembali lahan pertanian setelah diadakan penggalian tanah sawah sebesar 0,15 Nitrogen, 0,05 Fosfor, 0,25 Kalium. Satu tahun diaktifkannya kembali lahan pertanian setelah diadakan penggalian tanah sawah sebesar 0,21 Nitrogen, 0,04 Fosfor, 0,18 Kalium. Upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengembalikan kesuburan tanah yaitu dengan pemberian pupuk organik maupun pestisida.
Kata kunci: Kesuburan Tanah sawah, Tanah sawah bekas galian, Uji Laboratorium
Published
2018-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 243