PENGEMBANGAN MEDIA PALUDARIUM PADA MATERI EKOSISTEM HUTAN HUJAN TROPIS MATA KULIAH EKOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • ZIAH AHMED PATRIA UMMA
  • SUKMA PERDANA PRASETYA

Abstract

Abstrak Pembelajaran geografi hendaknya didukung dengan media pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman belajar langsung kepada siswa. Seorang guru geografi harus mampu memberikan gambaran atau situasi secara nyata, representatif, dan realistik atas materi geografi yang diajarkan. Pembelajaran geografi yang menggunakan media sebagai sumber belajar maupun alat bantu dalam proses komunikasi, diharapkan kegiatan pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran paludarium yang layak digunakan dalam pembelajaran geografi mata kuliah ekologi pada materi ekosistem hutan hujan tropis Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya 2) Untuk mengetahui respon mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya terhadap penggunaan media paludarium.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, meliputi tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), dan penilaian (Evaluation). Tingkat kelayakan media didasarkan atas penilaian dari ahli media pembelajaran dan materi menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi. Pengumpulan data respon mahasiswa menggunakan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data kelayakan media menggunakan skala likert 4 kategori diadopsi dari Mardapi. Respon mahasiswa dianalisis menggunakan skala likert 5 kategori yang diadopsi dari Sugiyono.
Hasil penelitian menyatakan bahwa media paludarium mendapat penilaian kelayakan oleh ahli media pembelajaran dengan rerata nilai 3,75 dan dari ahli materi mendapat 3,80. Berdasarkan skala Likert keduanya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Para mahasiswa memberikan respon “sangat baik” terhadap media paludarium pada materi ekosistem hutan hujan tropis dengan rerata sebesar 87,64 %.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Paludarium, Ekosistem, Bioma hutan hujan tropis.
Published
2018-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 272