FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BERALIHNYA PEKERJAAN PADA MASYARAKAT DI SEKITAR OBYEK WISATA AIR PANAS PADUSAN KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

  • ERIKA VIVI JAYANTI
  • SRI MURTINI

Abstract

Abstrak Perkembangan obyek wisata Air Panas Padusan berpotensi membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat desa Padusan dalam mencari keuntungan di sekitar obyek wisata Air Panas Padusan. Penduduk desa Padusan banyak yang beralih pekerjaan dari sektor pertanian ke sektor wisata.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat desa Padusan beralih pekerjaan. Faktor-faktor tersebut meliputi pendapatan, tingkat kebutuhan, lingkungan sosial budaya, motivasi dan kesempatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Subyek penelitian adalah masyarakat yang beralih pekerjaan dari sektor pertanian ke sektor wisata. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengujian keabsahan data ada 4, yaitu : kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian diperoleh dari 13 informan secara acak menunjukkan bahwa penduduk yang sebelumnya mayoritas sebagai buruh tani, petani, kuli bangunan, dan buruh rumah tangga saat ini banyak yang beralih pekerjaan menjadi pedagang, tukang sewa kuda dan makelar villa di sekitar obyek wisata. Pendapatan dan tingkat kebutuhan hidup yang tinggi di sektor wisata jika dibandingkan dengan pendapatan di sektor pertanian menjadi salah satu faktor yang yang mempengaruhi masyarakat beralih pekerjaan. Lingkungan sosial budaya yang dimulai dengan adanya interaksi yang intensif melalui keluarga, teman, tetangga serta tingginya motivasi masyarakat untuk mencari pekerjaan yang lebih baik juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan masyarakat beralih pekerjaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi beralihnya pekerjaan masyarakat desa Padusan ke sektor wisata diperoleh bahwa masyarakat yang beralih pekerjaan sebanyak 22,2 % dari jumlah penduduk yang bekerja.
Kata Kunci: perubahan pekerjaan, sektor pertanian, sektor wisata
Published
2018-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 582