KAJIAN OBJEK WISATA GUA NGERONG DAN GUA PUTRI ASIH SEBAGAI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN TUBAN

  • KIKI YULI ANDRIANI
  • SRI MURTINI

Abstract

Abstrak
Objek wisata Gua Ngerong dan Gua Putri Asih merupakan objek wisata alam yang berada di Kabupaten Tuban. Objek wisata Gua Ngerong dan Gua Putri Asih memiliki keindahan alam yang dapat menarik wisatawan untuk datang, namun objek wisata ini masih didominasi oleh pengunjung dari Kabupaten Tuban, terlihat dari 100 orang responden yang berkunjung ke Gua Ngerong dan Gua Putri Asih, memiliki frekuensi 36% wisatawan Gua Ngerong yang berasal dari Kabupaten Tuban sedangkan Gua Putri Asih memiliki frekuensi 48%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan karakteristik objek wisata Gua Ngerong dan Gua Putri Asih, serta pengelolaan kedua objek wisata tersebut, sehingga dapat mengetahui apa yang harus di perbaiki dan diterapkan pada objek wisata Gua Ngerong dan Gua Putri Asih.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di objek wisata Gua Ngerong dan Gua Putri Asih Kabupaten Tuban. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Peneliti mengambil sampel 100 orang responden. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring dengan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan karakteristik objek wisata Gua Ngerong memiliki aksesibilitas, atraksi, fasilitas pengunjung, dan keindahan alam yang baik, sedangkan karakteristik objek wisata Gua Putri Asih memiliki keindahan alam dan strategi promosi yang sangat baik, aksesibilitas dan atraksi yang baik, dengan fasilitas pengunjung. Pengelolaan Objek Wisata Gua Ngerong sudah cukup baik, di lihat dari sarana-prasarana yang cukup lengkap dengan kondisi yang baik, memiliki strategi promosi yang baik, dan sebagian besar yang di rencanakan pengelola telah terlaksana, kecuali beberapa kegiatan yang terkendala oleh pendanaan. Pengelolaan Gua Putri Asih dirasa kurang maksimal dikarenakan masih banyak sarana-prasarana yang kurang layak, terlihat pada perencanaan perbaikan fasilitas pengunjung yang tidak terlaksana karena terkendala oleh pendanaan, hal ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan, wisatawan tidak nyaman untuk berkunjung di Objek Wisata Gua Ngerong meskipun memiliki keindahan alam serta strategi promosi yang baik.
Kata kunci: destinasi wisata, karakteristik objek wisata, pengelola wisata,wisata alam.
Published
2018-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 254