KAJIAN PERBEDAAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA PANTAI PULAU MERAH DAN PANTAI WEDI IRENG DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGI

  • DIAH AYU WAHYUNI
  • AGUS SANTOSO

Abstract

Abstrak
Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Banyuwangi juga memiliki potensi wisata pantai yang sangat baik. Ada Pantai Pulau Merah dan Pantai Wedi Ireng yang masing-masing pantai ini mempunyai ciri khas. Kedua pantai ini memiliki jumlah pengunjung yang sangat jauh berbeda. Rata-rata pengunjung di Pantai Pulau Merah memiliki pengunjung 361.640 pertahun, sedangkan di Pantai Wedi Ireng memiliki pengunjung 57.185 pertahunnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan potensi dan promosi di Pantai Pulau Merah dan Pantai Wedi Ireng.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Pantai Pulau Merah dan Pantai Wedi Ireng Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik accidental random sampling atau secara kebetulan. Peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden Pantai Pulau Merah dan 100 responden Pantai Wedi Ireng serta seluruh jumlah pengelola yang ada di objek wisata. Data yang diperoleh berupa tingkat potensi dan promosi di Pantai Pulau Merah dan Pantai Wedi Ireng dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik skoring persentase yang menggunakan skala likert.
Hasil penelitian dari segi potensi Pantai Pulau Merah termasuk dalam kategori baik, sedangkan Pantai Wedi Ireng termasuk dalam kategori tidak baik. Dari segi promosi Pantai Pulau Merah termasuk dalam kategori baik, sedangkan Pantai Wedi Ireng termasuk dalam kategori kurang baik. Hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pantai Pulau Merah lebih baik daripada Pantai Wedi Ireng, yang menyebabkan jumlah pengunjug di Pantai Pulau Merah lebih tinggi dari Pantai Wedi Ireng.
Kata Kunci : potensi wisata, aksesibilitas, atraksi, fasilitas penunjang, sumber daya manusia, promosi.
Published
2018-10-25
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 417