PENGEMBANGAN PERMAINAN UNO STACKO GEOGRAPHY (USG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI IPS SMA NEGERI 16 SURABAYA

  • DITA ARISKI
  • SUKMA PERDANA PRASETYA

Abstract

Abstrak
Permasalahan yang dihadapi guru geografi kelas XI IPS SMA Negeri 16 Surabaya adalah masih rendahnya hasil belajar dan semangat belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Hasil ulangan harian siswa diperoleh persentase nilai rata-rata ketuntasan XI IPS 1 sebesar 46,7% dan XI IPS 2 sebesar 40%. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian dan rasa ingin tahu siswa tentang materi yang ada pada pelajaran geografi. Permasalahan tersebut membuat peneliti ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan sistem permainan yaitu Uno Stacko Geography (USG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kelayakan permainan Uno Stacko Geography (USG) sebagai media pembelajaran, 2) Aktivitas siswa selama penerapan media pembelajaran Uno Stacko Geography (USG), 3) Respon siswa selama terhadap pengembangan media pembelajaran Uno Stacko Geography (USG), 4) Hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran Uno Stacko Geography (USG).
Pengembangan media pembelajaram Uno Stacko Geography (USG) menggunakan desain R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate). Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi media, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data validasi, observasi, dan angket akan dianalisis menggunakan ketentuan skala Likert, hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil validasi media dari ahli media dan materi memperoleh persentase nilai kelayakan media 80% dan kelayakan materi 93,18%, termasuk kriteria sangat layak. 2) Aktivitas siswa menunjukkan perubahan yang baik selama penerapan media pembelajaran Uno Stacko Geography (USG) dengan persentase nilai rata-rata 75,625%. 3) Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran Uno Stacko Geography (USG) memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 75,56%, termasuk kriteria baik. 4) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest 91,86 dan kelas kontrol 87,83. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh perbedaan nilai rata-rata 4,026 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,032, maka p < α ; 0,032 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, ADDIE, Uno Stacko Geography (USG), Aktivitas siswa, Respon siswa.
Published
2018-10-25
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 234