jPENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA MATERI TATA SURYA MATA KULIAH KOSMOGRAFI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • DESI TRI ANITA SARI
  • DARYONO

Abstract

Abstrak
Penggunaan media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu mahasiswa dalam
memahami materi pembelajaran. Salah satu materi pembelajaran Mata Kuliah Kosmografi adalah Tata Surya. Selama ini
sebagian besar pembelajarannya menggunakan media Power Point. Hal tersebut terkadang menyulitkan mahasiswa
dalam memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan analisis kebutuhan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi
Universitas Negeri Surabaya, khususnya pada Mata Kuliah Kosmografi materi Tata Surya, mahasiswa memerlukan
media maket yang menggambarkan karakteristik planet-planet penyusunannya. Tujuan penelitian ini mengembangkan
media pembelajaran Tata Surya dengan bentuk dan warna sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini
bertujuan untuk 1) Mengembangkan media maket yang menggambarkan karakteristik planet-planet penyusunannya yang
layak digunakan dan 2) mengetahui persepsi mahasiswa terhadap media yang dikembangkan.
Subjek penelitian ini mahasiswa yang telah memprogram Mata Kuliah Kosmografi sejumlah 20 orang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Four Design) yang terdiri dari tahap Define
(pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Desseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan
sampai 3 tahapan saja yaitu Define, Design, Develop sedangkan tahap Desseminate tidak dilakukan karena keterbatasan
waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen validasi untuk telaah ahli media
dan ahli materi, serta angket persepsi mahasiswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif
dengan teknik skoring.
Pengembangan media mengalami tahap revisi sebelum dinyatakan layak oleh validator. Berdasarkan penilaian
validator ahli media dan ahli materi, media mendapatkan nilai persentase sebesar 91%. Berdasarkan skala Likert nilai
persentase 91% termasuk dalam kategori ”sangat layak”. Hasil penilaian media yang dilakukan terhadap mahasiswa
mendapatkan nilai persentase sebesar 80%. Berdasarkan skala Likert, nilai persentase 80% termasuk dalam kategori
sangat menarik. Dari hasil penelitian ini, diperoleh bahwa media 3D yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai
media pembelajaran materi Tata Surya Mata Kuliah Kosmografi di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri
Surabaya.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Model 4D, Media Pembelajaran 3D, Tata Surya
Published
2018-11-27
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 1105