ANALISIS TINGKAT PERKEMBANGAN WILAYAH DAN KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH DI KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2011 DAN TAHUN 2015

  • FANI EFENDI
  • DARYONO

Abstract

Abstrak
Kabupaten Pasuruan terdiri dari 24 kecamatan yang masing-masing memiliki karakteristik wilayah berbeda. Perbedaan karaktristik wilayah menyebabkan tingkat ketimpangan antar wilayah dan tingkat perkembangan wilayah yang beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan wilayah tahun 2011 dan 2015 serta tingkat ketimpangan antar wilayah dan memberikan arahan pembangunan wilayah di Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah seluruh Kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Objek penelitian adalah perkembangan dan ketimpangan antar wilayah tahun 2011 dan 2015 di Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Jenis data yang diperlukan yakni data sekunder meliputi jumlah fasilitas publik, kependudukan, aksesibilitas, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten, dan PDRB Kecamatan. Teknis analisis data menggunakan Indeks Komposit, Indeks Williamson, Tipologi Klassen, dan analisis SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat perkembangan wilayah di Kabupaten Pasuruan dalam perhitungan indeks komposit dengan indikator jumlah fasilitas sarana publik, kependudukan, dan aksesibilitas pada tahun 2011 tergolong kategori sedang dengan nilai indeks 60,0 dan di tahun 2015 juga tergolong kategori sedang dengan nilai indeks 60,2. Kecamatan yang miliki tingkat perkembangan tertinggi adalah Kecamatan Kejayan. Tingkat ketimpangan di Kabupaten Pasuruan menggunakan indeks Williamson dan tipologi Klassen dengan indikator PDRB, laju PDRB, jumlah Penduduk, dan PDRB per-Kapita pada tahun 2011 dan tahun 2015 tergolong kategori sedang. Kecamatan yang memiliki tingkat ketimpangan wilayah tertinggi adalah Kecamatan Lekok. Arahan strategi pembangunan untuk meningkatkan laju perkembangan dan mengurangi ketimpangan wilayah Kabupaten Pasuruan, berdasarkan analisis SWOT adalah memperbanyak lapangan kerja, sarana ekonomi dan memperbaiki insfrastruktur.
Kata Kunci: Perkemangan Wilayah, Ketimpangan Wilayah, dan Pembangunan Wilayah.
Published
2018-12-12
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 591