DAMPAK RELOKASI TERHADAP KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI PEDAGANG PASAR BURUNG KUPANG KOTA SURABAYA

  • ACHMAD RIULFI HIDAYATULLAH
  • RINDAWATI

Abstract

Abstrak
Pasar Kupang merupakan pasar yang menyediakan aneka jenis hewan, perlengkapan hewan seperti kandang dan aksesoris serta makanan hewan. Pasar Kupang didominasi oleh pedagang hewan unggas yaitu burung, sehingga pasar ini lebih dikenal sebagai Pasar Burung Kupang. Pasar ini direncanakan oleh pemerintah Kota Surabaya untuk di relokasi ke pasar Karang Pilang, tetapi karena ada permasalahan sosial maka pedagang pasar Burung Kupang lebih memilih pindah dan berjualan di Jl. Kembang Kuning dan di Pasar Grand Medaeng sesuai dengan lokasi ke dua yang baru ditentukan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak tingkat kondisi sosial dan ekonomi pedagang yang di relokasi dari pasar Burung Kupang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di pasar Burung Kupang yang telah di relokasi dan sudah diketahui berjualan kembali di pasar Grand Medaeng dan di Jl. Kembang Kuning sejumlah 47 responden, terdiri dari 14 responden yang berdagang di jalan Kembang Kuning dan 33 responden berjualan di Pasar Grand Medaeng. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah skoring dengan skala likert.
Hasil analisis data menunjukkan dampak kondisi sosial responden setelah di relokasi sangat baik karena dari hubungan berbagai pihak membentuk kelompok sosial seperti paguyuban untuk saling bertukar informasi tentang koleksi burung dan cara perawatannya seperti yang dilakukan oleh pedagang di Jl. Kembang Kuning, namun ada sebagian pedagang yang tidak melakukan hubungan sosial dengan baik karena lokasi relokasi di Pasar Medaeng jauh dari jangkauan pelanggan lama. Dampak kondisi ekonomi responden setelah di relokasi sangat baik karena omset penjualan meningkat, jenis dagangan dan waktu berjualan bertambah seperti di Jl. Kembang Kuning, sedangkan di Pasar Grand Medaeng tidak baik karena omset penjualan menurun dan jam operasional dibatasi.
Kata Kunci: relokasi, pasar burung, pedagang, dampak sosial, dampak ekonomi
Published
2019-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 430