PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI MATERI DINAMIKA GERAKAN LEMPENG TEKTONIK MATA KULIAH GEOLOGI UMUM PRODI S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • DWINDA ARIFANDI NOR
  • DARYONO

Abstract

Abstrak
Media merupakan salah satu komponen dalam sistem pembelajaran yang mempunyai fungsi dan peran yang sangat vital bagi keberhasilan pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Pemilihan media yang tepat akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Selama ini, proses pembelajaran materi Tektonisme dalam mata kuliah Geologi Umum hanya menggunakan media power point saja yang membuat mahasiswa hanya fokus pada menulis dibanding mendengarkan penjelasan pendidik. Agar mahasiswa dapat memahami materi tektonisme dengan baik dan proses pembelajaran lebih efektif, perlu adanya pengembangan media tiga dimensi yang layak untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tiga dimesi yang layak dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan.
Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek dalam pengembangan media model ini yaitu mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2014 yang telah lulus mata kuliah Geologi Umum sebanyak 30 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar validasi media dan lembar validasi materi serta lembar angket respon mahasiswa terhadap media pembelajaran tiga dimensi yang telah dikembangkan.
Media pembelajaran tiga dimensi materi Tektonisme ini mengalami validasi sebelum dikatakan layak oleh validator ahli media dan ahli materi. Hasil skor validasi oleh ahli media yaitu sebesar 83,3% dan hasil skor validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 88,8%. Berdasarkan kelayakan pada skala likert, hasil nilai validasi dari ahli media dan ahli materi termasuk antara 80%-100% sehingga termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Total hasil respon dari 30 mahasiswa mendapat perolehan skor sebesar 90,1% dan termasuk dalam kriteria “sangat setuju”. Artinya, mahasiswa memberikan tanggapan baik terhadap media yang dikembangkan dan setuju terhadap media sebagai penunjang dalam proses pembelajaran materi tektonisme mata kuliah Geologi Umum.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media Tiga Dimensi, Tektonisme
Published
2019-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 227
PDF Downloads: 443