PENGEMBANGAN MEDIA MODEL DAERAH TOPOGRAFI KARST PADA MATAKULIAH GEOMORFOLOGI UMUM DENGAN MATERI MORFOLOGI KARST DI PRODY PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • HANIK MASRUROH
  • DARYONO

Abstract

Abstrak
Media memiliki kontribusi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstruktur dan pembelajaran dapat lebih menarik. Selama ini perkuliahan geomorfologi umum khususnya materi morfologi karst dalam penyampaianya menggunakan metode ceramah dengan media power point. Mahasiswa supaya dapat memahami materi morfologi karst dengan lebih baik perlu adanya media model daerah topografi karst yang dapat menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui karakteristik model daerah topografi karst pada mata kuliah geomorfologi umum materi morfologi karst yang layak digunakan dan 2) mengetahui respon mahasiswa terhadap media model daerah topografi karst.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian R & D (Research and Develoment) Borg and Gall (1983:775). Subjek dalam pengembangan media model ini yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi yang telah memprogram matakuliah geomorfologi umum sebanyak 30 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R & D (Research and Development) yang di adopsidari Borg and Gall. Model pengembangan dari Borg and Gall ini terdiri dari 10 tahapan, namun peneliti menggunakan 7 tahapan yang terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, persepsi mahasiswa, produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah validasi oleh ahli media dan ahli materi serta angket respon mahasiswa terhadap media model daerah topografi karst.
Media pembelajaran model daerah topografi karst mengalami validasi sebelum dikatakan layak oleh validator ahli media dan ahli materi. Hasil validasi total ahli media dan ahli materi media model daerah topografi karst mendapatkan nilai sebesar 81%, dengan rincian validasi ahli media sebesar 82% dan validasi ahli materi yaitu sebesar 80%. Berdasarkan kriteria kelayakan pada skala likert nilai 81% termasuk antara 80%-100% sehingga termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Total hasil respon dari 30 mahasiwa di dapat 9% mahasiswa mengatakan bahwa media “Baik” dan 91% mahasiswa mengatakan “Sangat Baik” untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini, diperoleh bahwa media model daerah topografi karst layak digunak sebagai pembelajaran di Pada Materi Morfologi Karst di Prodi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya.
Kata kunci:Penelitian Pengembangan, Media Model, Morfologi Karst
Published
2019-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 55