Pengembangan Media Pembelajaran Maket Pada Materi Vulkanisme dalam Mata Kuliah Geologi Umum Prodi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya

  • HENY NOVITA SARI
  • DARYONO

Abstract

Abstrak
Ketersediaan media pembelajaran dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga berperan penting serta memperlancar dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu materi pembelajaran Mata Kuliah Geologi Umum adalah Vulkanisme. Pembelajaran mata kuliah tersebut sebagian besar menggunakan media Power Point. Hal ini membuat mahasiswa sulit memahami materi yang disampaikan karena dengan menggunakan Power Point yang membuat peserta didik fokus menulis daripada mendengarkan. Berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa, khususnya pada Mata Kuliah Geologi Umum pada materi vulkanisme, mahasiswa memerlukan media maket yang menggambarkan fenomena vulkanisme. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengembangkan media pembelajaran maket pada materi vulkanisme yang layak; 2) Mengetahui respon mahasiswa tentang media pembelajaran maket pada materi vulkanisme.
Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi, berjumlah 30 orang yang telah memprogram Mata Kuliah Geologi Umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Desseminate (penyebaran). Namun tahap Desseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data berupa instrumen validasi oleh ahli media dan ahli materi serta angket respon mahasiswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik skoring.
Kelayakan maket ditentukan oleh hasil penilaian dari validator ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hal itu ahli media memberikan penilaian 89% dan ahli materi 94%. Berdasarkan angka tersebut, media yang dikembangkan “Sangat Layak”. Hal ini Berdasarkan skala likert nilai persentase diantara 80,01%-100,00% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil penelitian ini, diperoleh bahwa maket 3D sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi Vulkanisme Mata Kuliah Geologi Umum di Jurusan pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya.
Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Model 4D, Media Pembelajaran 3D, Vulkanisme
Published
2019-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 407