PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN WADUK DAYAKAN SEBAGAI OBJEK WISATA KEPURBAKALAAN DI DESA WOTANGGARE KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO

  • MOCHAMMAD AINUR ROKHIM
  • NUGROHO HARI PURNOMO

Abstract

Abstrak
Pariwisata merupakan komoditas yang dibutuhkan setiap individu salah satunya untuk mengetahui peninggalan sejarah dan budaya suatu etnik tertentu. Kabupaten Bojonegoro ditetapkan sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) oleh pemerintah Jawa Timur dan termasuk pada kawasan C dalam kebijakan pengembangan yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Jawa Timur yang berfokus pada pengembangan wisata pantai dan laut,budaya dan alam. Salah satu wisata yang sedang berkembang di Kabupaten Bojonegoro adalah Waduk Dayakan. Waduk Dayakan merupakan bekas sungai purba yang menyimpan data penemuan fosil terbanyak di Bojonegoro seperti fosil gajah, kerbau, kijang dan benda arkeolog. Waduk Dayakan termasuk ke dalam wisata budaya atau bisa disebut sebagai pariwisata kepurbakalaan. Tujuan penelitian untuk melihat potensi sekitar penemuan fosil dan persepsi masyarakat sekitar mengenai pengembangan pariwisata kepurbakalaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Pengambilan sampel menggunakan accidental random sampling. Populasi 3275 orang yang tinggal disekitar Waduk Dayakan dengan sampel 97 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi secara terstruktur. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan penghitungan statistik sederhana.
Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan Skala Likert dan statistik sederhana menunjukan bahwa sebanyak 72 responden memiliki tingkat cukup terhadap potensi sekitar penemuan fosil dan cukup berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan daya tarik berbagai penemuan fosil. Sebanyak 68 responden memiliki tingkat persepsi tinggi terhadap pengembangan pariwisata yang berarti masyarakat memiliki persepsi yang baik dan mendukung serta berpartisipasi terhadap pengembangan pariwisata kepurbakalaan Waduk Dayakan di Kabupaten Bojonegoro.
Kata kunci: persepsi masyarakat, pengembangan, pariwisata, kepurbakalaan
Published
2019-02-01
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 300