PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI INDONESIA KELAS XI IPS MAN 2 GRESIK

  • DIA SETYOWATI
  • SUKMA PERDANA PRASETYA

Abstract

Abstrak
Hasil observasi awal menunjukkan hasil belajar peserta didik di MAN 2 Gresik rendah, khususnya pada materi
dinamika kependudukan karena materi tersebut mempunyai banyak sub dan hitungan. Keterampilan berpikir dan
pemecahan masalah diperlukan dalam proses pembelajaran agar materi tersebut dapat dipahami dengan baik. Model
pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model tersebut dapat meningkatkan
pemahaman peserta didik sehingga hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan
keterlaksanaan hasil observasi guru dan peserta didik dan perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen
dengan kelas kontrol.
Subjek penelitian menggunakan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas
kontrol. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi
Experimental Design. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan instrumen tes dan teknik analisis
data dengan uji prasyarat yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas serta menggunakan uji Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, aktivitas guru
dan peserta didik setiap pertemuan mengalami peningkatan. 2) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol, dengan nilai p = 0,000 < α (0,05). Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol, hal ini dikarenakan adanya perbedaan perlakuan.
Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar, Dinamika Kependudukan.

Published
2019-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 200