ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KEMACETAN DI JALAN SOEKARNO-HATTA DI DEPAN PASAR BUAH RANUYOSO DAN KLAKAH DI KABUPATEN LUMAJANG

  • BELLA AVINDA YUNINGTYAS
  • SRI MURTINI

Abstract

Abstrak
Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki beragam permasalahan, salah satu permasalahannya adalah kemacetan. Kemacetan terjadi karena tingginya jumlah penduduk, mobilitas penduduk serta kurangnya baiknya fasilitas jalan. Kemacetan yang terjadi di Kabupaten Lumajang yaitu di Jalan Soekarno-Hatta di Klakah dan di depan Pasar Buah Ranuyoso. Kemacetan diakibatkan oleh tingginya mobilitas penduduk untuk bekerja dan tingginya hambatan samping.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya Kapasitas Jalan, yang nantinya digunakan sebagai tolok ukur perhitungan untuk Satuan Mobil Penumpang dan Kajian Geografi yaitu Asal dan Tujuan (Origin Destination), Kebisingan dan Pola Kemacetan. Lokasi penelitian dilakukan di Jalan Soekarno-Hatta di Klakah dan di depan Pasar Buah Ranuyoso, Kabupaten Lumajang. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis data pengukuran, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kapasitas Jalan di ruas Klakah sebesar 2.119 unit/jam dan di depan Pasar Buah Ranuyoso 1.943 unit/jam. Hasil perhitungan ini menjadi patokan untuk perhitungan Satuan Mobil Penumpang (SMP), jika dalam perhitungan SMP melebihi Kapasitas Jalan maka pada ruas jalan tersebut terjadi kemacetan. Hasil penelitian Kajian Geografi adalah survey Asal dan Tujuan pengguna jalan menghasilkan terbanyak Kabupaten Lumajang dan untuk kegiatan yang dilakukan adalah bekerja 29% dan bekerja (muat pasir) 20%. Hasil survey kebisingan di Klakah sebesar 76,97 dB dan di depan Pasar Buah Ranuyoso sebersar 78,19 dB. Survey Pola Kemacetan menghasilkan pola kemacetan memanjang mengikuti ruas jalan. Kemacetan tertinggi di Klakah adalah 7,5 km dan terendah 2 km sedangkan di depan Pasar Buah Ranuyoso adalah tertinggi 8 km terendah 1,5 km.
Kata Kunci : Analisis Faktor, Kemacetan, Ruas Jalan.
Published
2019-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 102