KEBERADAAN INDUSTRI PT. KEONG NUSANTARA ABADI (WONG COCO) TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA MOJOAYU KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI

  • DEDY FRANATU SAKTI WIDODO
  • RINDAWATI

Abstract

Abstrak
Industri PT. Keong Nusantara Abadi (Wong Coco) berada di Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Keberadaan industri tersebut menjadi salah satu faktor perubahan kondisi masyarakat terutama kondisi sosial dan ekonomi. Perubahan kondisi sosial yang muncul antara lain yaitu perubahan sikap, hubungan sosial dan kontribusi industri terhadap perkembangan desa. Perubahan ekonomi yang terjadi yaitu perubͦahan pendapatan dan pengeluaran masyarakat desa selama satu bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik industri, perubahan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat dengan keberadaan industri pengolahan lidah buaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Responden dalam penelitian ini antara lain yaitu kepala bidang pertanian, kepala Human Resource Department (HRD), PT. Keong Nusantara Abadi (Wong Coco) dan 100 Kepala Keluarga (KK) masyarakat Desa Mojoayu dengan menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik industri pengolahan lidah buaya dilihat dari alasan pemilihan lokasi dan kerjasama dengan masyarakat. Sikap masyarakat mengalami perubahan dengan jumlah 50 KK atau 50%, hubungan sosial masyarakat mengalami perubahan dengan jumlah 69 KK atau 69%, kontribusi industri pengolahan lidah buaya terhadap perkembangan desa dalam kategori kurang aktif dinyatakan dengan jumlah 56 KK atau 56 %. Pendapatan dan pengeluaran masyarakat mengalami perubahan relatif kecil dinyatakan dengan jumlah pendapatan 45% atau 45 KK dan pengeluaran 46% atau 46 KK. Keberadaan industri pengolahan lidah buaya menjadi salah satu faktor yang memberikan perubahan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Mojoayu Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri.
Kata Kunci: Industri, kondisi sosial, kondisi ekonomi, lidah buaya
Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 309
PDF Downloads: 442