Pengembangan Media Simulasi Tsunami 3D Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Analisis dan Mitigasi Bencana Alam untuk Siswa Kelas XI SMA Al-Muslim Waru Sidoarjo

  • MUHAMMAD FITROTUN NASIHIN
  • BAMBANG SIGIT WIDODO

Abstract

Abstrak
Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang di ajarkan di SMA. Sebagian besar materi yang ada di
dalam mata pelajaran geografi mempunyai cakupan yang luas dan membutuhkan waktu yang panjang. Guru
memerlukan suatu media dalam proses pembelajaran untuk memudahkan penyampaian materi pembelajaran. Ada
berbagai macam media Pembelajran yang ada salah satunya media simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1)
Menghasilkan produk berupa media Pembelajaran simulasi tsunami 3D pada materi analisis dan mitigasi bencana alam
yang layak untuk siswa kelas Xl IPS SMA Al-Muslim Waru Sidoarjo 2) Mengetahui kelayakan siswa terhadap media
pembelajaran simulasi Tsunami 3D
Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Analysis Desain Development
Implementation dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi
ahli media pembelajaran dan ahli materi menggunakan skala likert, untuk respon siswa menggunakan Skala guttman.
Hasil penelitian yang diperoleh setelah meninjau skor persentase validasi media dari ahli media pembelajaran
sebesar 85%. Skor persentase validasi media dari ahli materi sebesar 81,7%. Menurut skala likert dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran sangat layak untuk diujicobakan. Hasil ujicoba terbatas respon siswa yang diperoleh sebesar
83,35%. respon siswa terhadap media pembelajaran simulasi tsunami sangat baik
Kata kunci: Media Pembelajaran, Simulasi,Tsunami, Analisis dan Mitigasi Bencana Alam.
Published
2019-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 422