DAMPAK PERTAMBANGAN PASIR BATU TERHADAP PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KUNJOROWESI KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

  • DIYAH AYU IRMA SAVITRI
  • SULISTINAH

Abstract

Abstrak
Kabupaten Mojokerto sebagai salah satu wilayah yang memiliki potensi bahan galian pasir batu, hal ini menyebabkan terdapatnya pertambangan. Kebutuhan pasir batu di masyarakat sangat tinggi untuk melangsungkan proses pembangunan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pertambangan pasir batu terhadap perubahan lingkungan dan kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Kunjorowesi.
Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Kunjorowesi Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Teknik pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling atau pengambilan acak sederhana. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dari sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif persentase menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori dampak pertambangan pasir batu terhadap perubahan lingkungan dan kondisi sosial ekonomi terbagi menjadi 3 yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pertambangan pasir batu terhadap perubahan lingkungan dan kondisi sosial ekonomi merupakan kategori berdampak “sedang”. Penilaian sikap terhadap perubahan lingkungan terdapat sejumlah 66 responden atau 66% menyatakan berdampak “sedang” dan 34 responden atau 34% menyatakan berdampak “tinggi”. Penilaian sikap terhadap perubahan kondisi sosial ekonomi terdapat sejumlah 60 responden atau 60% berpendapat berdampak “sedang” dan 40 responden atau 40% menyatakan berdampak “tinggi”.
Kata Kunci: pertambangan pasir batu, lingkungan, dan kondisi sosial ekonomi.
Published
2019-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 186