STUDI POLA PERSEBARAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT WILAYAH KABUPATEN TUBAN

  • RESMITA DHEWI
  • KUSPRIYANTO

Abstract

Abstrak
Pola persebaran sebagai salah satu bentuk atau rangkaian yang dapat menggambarkan atau mendeskripsikan mengenai suatu proses sebaran yang mana keberadaan Puskesmas banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Peneliti sebelumnya melakukan pra survey ke 19 responden sebagai pengguna pelayanan kesehatan, berpendapat jika keberadaan Puskesmas Kecamatan sulit dijangkau. Masyarakat lebih memilih rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan lebih memadai. Peneliti dalam hal ini menganalisa pola persebarannya terlebih dahulu kemudian desa mana saja yang kurang bisa menjangkau Puskesmas. Peneliti mengidentifikasi mengenai bagaimana pola persebaran Puskesmas di wilayah Kabupaten Tuban untuk mengetahui pola persebaran puskesmas di Kabupaten Tuban.
Jenis penelitian ini adalah survei, populasi dari penelitian ini adalah seluruh 32 puskesmas Kabupaten Tuban, keseluruhan populasi dijadikan sebuah sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara pengukuran dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pola persebaran puskesmas yakni pola acak atau random dengan nilai 1,52 yang tersebar di seluruh Kecamatan berdasarkan Rumus Nearest Neighbour Analysis dan hasil peta buffer dibantu aplikasi arcmap 10.2.2 diketahui terdapat 93 desa yang kurang bisa menjangkau pelayanan puskesmas dikarenakan lokasi puskesmas yang cukup jauh dari lokasi Puskesmas.
Kata Kunci : Pola Persebaran dan Pusat Kesehatan Masyarakat.
Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 312