DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL SURABAYA-MOJOKERTO TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA BEBEKAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO

  • ANGGIA FERDINI HADIYANTI
  • SULISTINAH

Abstract

Abstrak
Pembangunan infrastruktur Jalan Tol Surabaya-Mojokerto merupakan salah satu langkah penting yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan. Pembangunan ini mengakibatkan perubahan kondisi geografis Desa Bebekan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Perubahan kondisi geografis ini akan mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar area pembangunan jalan tol yang lahannya tergusur. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Desa Bebekan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yang dilaksanakan di wilayah Desa Bebekan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dengan populasi sebanyak 269 kepala keluarga dan melibatkan 71 responden. Teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive sampling dengan mempertimbangkan jumlah kepala keluarga yang tergusur karena pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kebiasaan masyarakat Desa Bebekan mengalami perubahan sesudah adanya pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto. Masyarakat tidak lagi melakukan kegiatan gotong royong sebanyak 84,51% atau 60 responden, tidak lagi melakukan kegiatan kerja bakti sebanyak 85,92% atau 61 responden, dan tetap melakukan kegiatan silaturahmi sebanyak 57,75% atau 41 responden, serta tidak lagi melakukan kegiatan memenuhi undangan sebanyak 52,11% atau 37 responden. Sikap masyarakat terhadap pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto paling banyak ialah tanggapan positif yaitu sebesar 87,32% atau 62 responden yang setuju terhadap adanya pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto. Pendapatan masyarakat Desa Bebekan tidak mengalami perubahan akibat adanya pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto sebanyak 100% atau 71 responden. Tingkat kesejahteraan masyarakat tidak mengalami perubahan sebanyak 90,14% atau 64 responden.
Kata kunci: Infrastruktur, pembangunan jalan tol, dampak sosial ekonomi
Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 301
PDF Downloads: 8662