ANALISIS PENENTUAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) ALTERNATIF KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI

  • ONGY REZA JONATAN
  • ITA MARDIANI ZAIN

Abstract

Abstrak
Sampah di kehidupan manusia dalam jumlah besar datang dari aktivitas industri, misalnya pertambangan, manufaktur, dan konsumsi. Kecamatan Wates sebagai pusat perekonomian masyarakat sehingga memicu pemerintah untuk membangun Tempat Pembuangan Akhir (terpadu) di Kecamatan Wates untuk menanggulangi sampah yang semakin banyak dan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar Kecamatan Wates. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kesesuaian lahan tempat pembuangan akhir terhadap lingkungan di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. 2) Proyeksi TPA (tempat pembuangan akhir) untuk 5 tahun kedepan di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. 3) Lokasi alternatif pembangunan TPA.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian cross sectional dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode survey. Pengambilan sampel akan disesuaikan dengan Peta Satuan Lahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis overlay dan proyeksi timbunan sampah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil overlay dan matriks kesesuaian TPA yang sudah ada tidak sesuai dan seharusnya tidak bileh dibangun TPA. 2) Perhitungan proyeksi Kebutuhan lahan di kecamatan Wates yang didapat sangat besar yaitu 445.469,27 m2 dan mengganggu keberadaan lahan produktif. 3) Kecamatan Wates tidak bisa dipakai untuk tempat pembuangan akhir karena 3 dari 5 kesuaian yang ada di matriks kesesuaian mengatakan tidak sesuai.
Kata Kunci: sampah, pembuangan sampah, analisis sampah
Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 501