KAJIAN TENTANG OBJEK WISATA ORI GREEN DI DESA SENDANG KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • INAZ KHUSNUL KHOTIMAH
  • BAMBANG SIGIT WIDODO

Abstract

Abstrak
Ori Green adalah salah satu obyek wisata buatan yang terletak di bagian utara Kabupaten Tulungagung. Ori Green dibuka untuk umum mulai bulan Juni 2018, bersamaan dengan obyek wisata buatan lain yaitu Cowindo. Setelah setengah tahun dibuka, Ori Green memiliki jumlah pengunjung yang jauh lebih banyak daripada Cowindo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik Ori Green yang meliputi atraksi wisata, aksesibilitas dan fasilitas. Atraksi wisata mencakup pemandangan alam, waterboom, kolam renang, taman edukasi, wahana permainan dan aquarium. Aksesibilitas mencakup kondisi jalan, jarak dari pusat kota, alat transportasi umum, biaya dan waktu, sedangakan fasilitas mencakup area parker, toilet dan kamar mandi, Ori Green Hall, angkutan wisata, ruang kesehatan, pendhopo, tempat makan, gazebo, pujasera, free wifi, pusat informasi, tempat sampah dan musholla.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling yaitu mengumpulkan dan mengolah data sampel secara acak dengan jumlah responden 99 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi atraksi wisata di Ori Green 58,02% responden menyatakan cukup baik. Tentang aksesibilitas di Ori Green 47,31% responden menyatakan cukup baik, dan fasilitas di Ori Green 57,74% responden menyatakan cukup baik. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan di Ori Green dengan memperbaiki infrastruktur jalan menuju Ori Green dan penyediaan alat transportasi umum.
Kata Kunci : Atraksi wisata, aksesibilitas, fasilitas
Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 269