FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPSDI SMA NEGERI 1 KUTOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

  • MOKHAMAD SYAFI'IL ANAM

Abstract

Abstrak
Pada umumnya prestasi belajar dipengaruhi oleh jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah. Hal ini dikarenakan
siswa yang dekat dengan sekolah memiliki kelebihan waktu yang banyak untuk belajar selain balajar di sekolah
dan kedisiplinan dalam kehadiran pun relatif tinggi. Akan tetapi tidak semua siswa yang tempat tinggalnya dekat
memiliki nilai yang baik, hal tersebut dikarenakan oleh minat siswa dalam belajar, sehingga siswa yang memiliki
minat yang tinggi terhadap pelajaran akan memperoleh hasil yang maksimal walaupun jarak tempat tinggalnya
jauh dari sekolah disamping fasilitas yang kurang memadai. SMA Negeri 1 Kutorejo merupakan sekolah yang
terletak pada lintasan kota dengan jarak ke pusat Kecamatan 0.5 km dan terletak diantara 2 pasar tradisional serta
di daerah ini termasuk dalam daerah industri. Dalam kenyataan di lapangan banyak dijumpai bahwasanya jarak
tempat tinggal siswa yang jauh dari sekolah dapat memicu motivasi seseorang untuk mendapatkan prestasi belajar
siswa sehingga sering terjadi di sekolah-sekolah prestasi belajar tertinggi banyak yang di raih oleh siswa yang
jarak tempat tinggalnya jauh dari sekolah. Oleh karena itu bila keberadaan siswa yang tinggal dekat dengan lokasi
sekolah tetapi prestasi belajar yang diperoleh tidak sebanding maka menimbulkan permasalahan yang perlu
diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi prestasi belajar
siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kutorejo dan faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kutorejo. Populasi pada penelitian ini adalah 153 siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Kutorejo. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel populasi. Teknik pengumpulan data
berupa angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS regresi linier
berganda. Hasil penelitian pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo menunjukkan faktor – faktor yang
berpengaruh terhadap prestasi belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo yaitu Sarana prasarana dengan nilai
r 0.009 dan Motivasi belajar dengan nilai r 0.002. Faktor yang paling berpengaruh yaitu motivasi belajar dengan
R2 0,053.
Kata kunci: prestasi belajar, sarana prasarana, dan motivasi belajar
Abstract
In general, performance is affected by the distance learning student residence at the school. This is because the
students are close to the time that the school has a lot of advantages besides Study abroad to study at school and
discipline in attendance was relatively high. However, not all students who lived near a good value, it is because
of the students' interest in learning, so that students who have a high interest in learning will get maximum results
despite the distance away from the school where he lives besides inadequate facilities. SMA Negeri 1 Kutorejo
school is located on the track with the distance to the central city district located between 0.5 km and 2 as well as
the traditional markets in this area are included in the industrial area. In fact on the ground that many found
shelter distance students away from school can trigger one's motivation to get student achievement so often
happens in the schools highest achievement that a lot of students that achieved by distance away from the school
where he lived. Therefore, if the presence of students who live close to the location of the school but learning
achievements obtained are not comparable then raises issues that need to be considered. The purpose of this study
was to determine whether the factors that affect student achievement in social studies class XI SMA Negeri 1
Kutorejo and which factors the most influence on student achievement in social studies class XI SMA Negeri 1
Kutorejo. The population in this study were 153 students of class XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo. Sampling
methods population sample. Data collection techniques such as questionnaires, documentation and observation.
Analysis using SPSS multiple linear regression. Results of research on class XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo shows
factors - factors that influence learning achievement in class XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo the facilities and
infrastructure to the value of r 0.009 and motivation to learn the value of r 0.002. The most influential factor is
motivation to learn with R2 0.053.
Keywords: academic achievement, facilities, and motivation to learn

Published
2013-06-17
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 48