PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS SMA NEGERI SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN

  • ABDULLAH YAHYA MUZACKY
  • SUKMA PERDANA PRASETYA

Abstract

Abstrak Materi geografi ini banyak memuat tentang keadaan fisik permukaan bumi. Pembelajaran geografi di SMAN Singgahan hanya menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan modul, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi geografi kebanyakan menjelaskan tentang kondisi fisik permukaan bumi. Tujuan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan ADDIE bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa XI IPS 1 dan 2. Metode penelitian yang digunakan yakni menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek uji coba penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 yang termasuk dalam kelas control dan kelas XI IPS 2 termasuk kelas experiment, dimana kelas experiment akan diberikan media berupa vlog dengan jumlah siswa 33. Hasil penelitian dilihat dari angket respon siswa terhadap penggunaan media vlog. Nilai yang diperoleh 244 atau 77%, menunjukan minat terhadap penggunaan media vlog. Hasil validasi kelayakan media dengan persentase kelayakan 78% merupakan kategori layak digunakan. Keefektifan penggunaan vlog diukur dengan membandingan hasil belajafr posttest antara kelas siswa yang menerapkan media vlog dan kelas siswa yang tidak menerapkan media vlog melalui analisis independent uji t-test. Hasil analisis menunjukan nilai p=0.000 yang berarti nilai p=0.000 < nilai α=0.05, sehingga disimpulkan terdapat berbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran vlog dengan tidak menggunakan media. Kata Kunci: ADDIE, Vlog, Minat Belajar, Hasil belajar
Published
2019-12-11
Section
Articles
Abstract Views: 200
PDF Downloads: 244