TINGKAT KUALITAS LAHAN PERTANIAN SEBAGAI KAWASAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (KP2B) DI KABUPATEN SIDOARJO PROVINSI JAWA TIMUR

  • WIDIA RAKHMA WATI
  • NUGROHO HARI PURNOMO

Abstract

Abstrak
Pertanian merupakan sumber pekerjaan utama yang ada di Indonesia. Tanah pertanian yang subur karena terletak di iklim tropis. Lahan yang seharusnya dijadikan lahan pertanian guna memenuhi kebutuhan pangan Negara, banyak beralih fungsi menjadi kawasan industri dengan berdirinya pabrik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potensi Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) di Sidoarjo dan menganalisis hasil KP2B dalam sudut pandang geografis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sidoarjo. Populasi pada penelitian ini adalah luas lahan pertanian yang mampu menghasilkan produksi tanaman pangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder adalah data dari instansi pemerintah Kabupaten Sidoarjo, jurnal, hasil penelitian, dan sebagainya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan skoring dari lahan pertanian pangan berkelanjutan dan lahan cadangan pertanian berkelanjutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa delapan belas kecamatan di Kabupaten Sidoarjo yang termasuk Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) dengan kriteria tinggi ada tiga kecamatan, dua belas kecamatan masuk dalam kriteria sedang, dan tiga kecamatan masuk dalam kriteria rendah. Kecamatan dengan kategori tinggi sebagai Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) yaitu Kecamatan Krembung sebesar 6,1%, Kecamatan Wonoayu sebesar 6,1%, dan Kecamatan Taman sebesar 5,8%. Kecamatan yang termasuk dalam kategori sedang adalah Kecamatan Sidoarjo, Candi, Porong, Jabon, Krian, Balongbendo, Tarik, Prambon, Waru, Gedangan, Sedati, dan Sukodono dengan tingkat presentase 5,3 % - 5,6%. Kecamatan yang termasuk dalam kategori KP2B rendah adalah Kecamatan Buduran, Tulangan, dan Tanggulangin dengan presentase sebesar 5,0% - 5,3% .
Kata Kunci: Pertanian berkelanjutan, Lahan Pertanian, KP2B
Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 711