KAJIAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA LETUSAN GUNUNG KELUD PADA KAWASAN RAWAN BENCANA (KRB) II DI DESA KEBONREJO KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI

  • Jade Irma Nadia Islamey
  • DIAN AYU LARASATI

Abstract

Abstrak
Gunung Kelud merupakan gunung api aktif yang ada di Jawa Timur. Desa Kebonrejo merupakan salah satu desa yang berada pada daerah rawan bencana letusan Gunung Kelud, karena selain kondisi geografisnya yang berada pada radius 5 km juga salah satu desa penyangga bencana di Kawasan Rawan Bencana (KRB) II gunung Kelud. Kesiapsiagaan dianggap perlu untuk menguruangi resiko bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat kesiapsiagaan masayarakat dalam menghadapi bencana letusan Gunung Kelud. 2) Upaya masyarakat dalam tanggap darurat ketika terjadi bencana letusan Gunung Kelud. 3) Sistem peringatan dini yang diterapkan masyarakat dalam menghadapi bencana letusan Gunung Kelud.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan studi dokumentasi. Penentuan responden menggunkan teknik random sampling dengan jumlah responden 100 responden yaitu masyarakat yang tinggal di Desa Kebonrejo.Pengukuran tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana letusan Gunung Kelud meliputi pengetahuan masyarakat, kebijakan yang ditetapkan, rencana tanggap darurat yang akan dilakukan, sistem peringatan dini seperti apa yang diterapkan masyarkat, bagaimana mobilisasi sumberdaya yang ada. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan skoring.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesiapsiagaan masyarakat dalam kategori tinggi, namun dalam beberapa aspek berada pada kategori rendah yaitu aspek rencana tanggap darurat dan sistem peringatan dini. 2) Aspek rencana tanggap darurat masyrakat belum adanya petunjuk arah evakuasi hanya mengandalkan pengalaman yang biasanya mereka lakukan. 3) Aspek sistem peringtan dini hanya menggunakan cara tradisional seperti speaker dan kentongan juga kurang terkondisikannya masyarakat saat terjadi bencana letusan gunung Kelud.
Kata Kunci : kawasan rawan bencana, kesiapsiagaan, letusan gunung
Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 897