PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG SARANA WISATA DI OBJEK WISATA PANTAI PULAU MERAH KABUPATEN BANYUWANGI

  • AINUN ZANELA SAFITRI
  • WIWIK SRI UTAMI

Abstract

Abstrak
Wisata Pantai Pulau Merah dikenal karena adanya bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Penurunan jumlah kunjungan yang terjadi dapat disebabkan beberapa faktor seperti fasilitas yang kurang memadai, sistem pengelolaan yang kurang baik, dan kurang gencarnya kegiatan pemasaran dan promosi serta pengemasan paket-paket wisata. Persepsi pengunjung tentang fasilitas yang ada bisa juga menjadi penyebab penurunan jumlah kunjungan, hal tersebut juga menyangkut hal kenyamanan berwisata masing-masing individu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi pengunjung dan hubungan antara usia dan jenis kelamin pengunjung tentang sarana wisata di objek wisata pantai Pulau Merah Banyuwangi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang nantinya akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian, yaitu 100 wisatawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner/angket, studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data skala Likert dan dilanjutkan dengan analisis data Uji Chi Square.
Hasil skoring dari persepsi pengunjung terhadap sarana berwisata, yaitu sebesar 2814 yang artinya sarana pada objek wisata Pantai Pulau Merah tergolong baik. Tingkat kenyamanan berwisata juga akan berpengaruh, akan tetapi kamar mandi dan mushola diperlukan adanya tindakan perbaikan guna meningkatkan kenyamanan pengunjung. Hasil penelitian dari uji Chi Square mengenai usia pengunjung, yaitu nilai p value atau signifikansi = 0,683 > 0,05 (α) menunjukkan tidak adanya hubungan mengenai karakteristik usia dengan tingkat persepsi penilaian fasilitas/sarana wisata. Hasil penelitian dari uji Chi Square mengenai jenis kelamin pengunjung, yaitu nilai p value atau signifikansi = 0,249 > 0,05 (α) menunjukkan tidak adanya hubungan mengenai jenis kelamin dengan tingkat penilaian fasilitas wisata.
Kata Kunci: Persepsi pengunjung, sarana wisata, wisata Pantai Pulau Merah
Published
2020-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 238