PENGEMBANGAN MAKET 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LIKUIFAKSI PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI IPS SMAN 3 KOTA MOJOKERTO

  • NUR LAILI PRIHATININGSIH
  • SUKMA PERDANA PRASETYA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan maket 3D sebagai media pembelajaran pada materi mitigasi bencana alam kelas XI IPS SMAN 3 Kota Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran yang layak 2) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan maket 3D likuifaksi dan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Desain yakni Nonequivalent Control Grup Desain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang dikembangkan antara lain lembar validasi media, lembar validasi materi pembelajaran, lembar angket respon peserta didik, lembar pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Validasi media mendapatkan persentase 81,25% dengan kriteria “sangat layak”, sedangkan validasi materi mendapat presentase sebesar 92,5% dengan kriteria “sangat layak”. 2) Penggunaan maket 3D likuifaksi juga mendapat repon peserta didik “sangat layak” dengan presentase sebesar 98%. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dapat dianalisis melalui Uji Independent Sample T-Test untuk kelas eksperimen yakni XI IPS 2 memperoleh nilai posttest rata-rata sebesar 78, sedangkan kelas kontrol yakni XI IPS 1 hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 67,8.
Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Maket 3D Likuifaksi, Pengembangan Media.
Published
2020-05-07
Section
Articles
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 134