PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI PADA MATERI DAERAH ALIRAN SUNGAI DALAM MATA KULIAH HIDROLOGI PRODI S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • NURVI MUTIARA AGATA
  • SUKMA PERDANA PRASETYA

Abstract

Abstrak

Pembelajaran mata kuliah hidrologi materi daerah aliran sungai cakupannya sangat luas dan sulit untuk dipahami oleh mahasiswa apabila tidak menggunakan media pembelajaran tiga dimensi. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar media tiga dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kelayakan media pembelajaran tiga dimensi 2) Respon mahasiswa terhadap pembelajaran tiga dimensi 3) Keaktifan mahasiswa terhadap media pembelajaran tiga dimensi pada materi daerah aliran sungai dalam mata kuliah hidrologi prodi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan bahan ajar media tiga dimensi dengan model Four-D. Subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan Geografi Unesa angkatan 2018 A. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa instrumen yang disusun secara sistematis oleh peneliti dengan mengikuti kaidah penyusun instrumen penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar validasi ahli media pembelajaran, lembar validasi ahli materi, lembar respon mahasiswa, dan lembar observasi keaktifan mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan skoring berdasarkan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kelayakan media pembelajaran 2) Respon mahasiswa terhadap media pembelajaran adalah 64% mahasiswa yang mengatakan kategori “Sangat Baik”, 32% mahasiswa yang mengatakan kategori “Baik” dan 4% mahasiswa yang mengatakan kategori “Cukup Baik”. 3) Keaktifan mahasiswa saat pembelajaran berlangsung menggunakan media pembelajaran tiga dimensi adalah 39% mahasiswa yang berkategori “Sangat Aktif”, 43% mahasiswa yang berkategori “Aktif” dan 18% mahasiswa yang mengatakan kategori “Cukup Aktif”.

Kata Kunci: Four-D, Kelayakan, Respon mahasiswa, Media 3D
Published
2020-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 165