ANALISA UJI BEDA PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTASDI RUAS JALAN JENDERAL AHMAD YANI DAN RAYA DARMO SURABAYA TAHUN 2011-2012

  • RATNAWATI

Abstract

ANALISA UJI BEDA PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS
DI RUAS JALAN JENDERAL AHMAD YANI DAN RAYA DARMO SURABAYA TAHUN 2011-2012
Ratnawati
Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi,nanaratnawati1992@yahoo.co.id
Drs. Kuspriyanto, M. Kes
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Abstrak
Surabaya merupakan kota metropolitan dengan penduduk terbanyak kedua setelah ibu kota negara Jakarta.
Sebagai kota yang terus berkembang, kebutuhan akan alat transportasi juga meningkat. Tingginya kebutuhan
masyarakat tersebut menimbulkan berbagai masalah pula dibidang transportasi. Masalah transportasi umumnya
adalah masalah kecelakaan lalu lintas.
Jalan Ahmad Yani dan jalan Raya Darmo merupakan jalan utama di Surabaya yang memiliki ciri-ciri sama tetapi
memiliki jumlah kejadian kecelakaan yang berbeda. Jumlah kecelakaan yang terdapat di jalan Ahmad Yani adalah
sebesar 72 kejadian kecelakaan, serta jalan Raya Darmo sebesar 20 kejadian kecelakaan. Variabel yang diduga
sebagai penyebab kecelakaan adalah pelaksanaan penindakan pelanggaran, kondisi jalan, kondisi lingkungan jalan,
volume Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) serta kapasitas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkapat
perbedaan antar variabel serta mengetahui penyebab kecelakaan yang menjadi kecenderungan pada jalan raya
Jenderal Ahmad Yani dan jalan Raya Darmo yang merupakan jalan yang vital di Kota Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tekhnik uji beda T Test dan uji beda Chi
Kuadrat. untuk mengetahui tingkat signifikansi beda dari masing-masing variabel. Jenis penelitian ini adalah
penelitian survei. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data melalui
observasi atau survei dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis uji beda dengan menggunakan metode T
test atau uji T dan analisis uji beda Chi Kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan adanya 8 subvariabel yang bisa diuji bedakan, karena selebihnya dianggap tidak
perlu diuji karena hasil skoring yang cenderung sama.Dari hasil uji beda T Test tersebut maka nilai signifikansi beda
yang paling tinggi ditunjukkan oleh variabel Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) yaitu t hitung sebesar 40,22
sedangkan t tabel adalah sebesar 3,841 dari dk=1 dan taraf kesalahan yang ditetapkan adalah 5%. Dari ke 8 uji beda
tersebut maka variabel yang memiliki kecenderungan tertinggi sebagai penyebab kecelakaan adalah Lalu lintas Harian
Rata-rata (LHR) yang tinggi. Volume Lalu lintas Harian Rata-rata yang tinggi terutama terdapat dijalan raya Jenderal
Ahmad Yani. Angka volume Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) yang tinggi yang mencapai 3 kali kapasitas yang
seharusnya dari jalan tersebut adalah merupakan alasan kemungkinan LHR menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas
didua jalan tersebut.
Kata kunci : Uji Beda, Kecelakaan Lalu Lintas
Abstract
Surabaya is a metropolitan city with the second largest population after the capital city Jakarta. As the city
continues to grow, the need for transportation has also increased. High demand for these communities also raises a
variety of problems in transportation. General transportation problem is a problem of traffic accidents.
Ahmad Yani street and highway Darmo is the main street in Surabaya, which has the same characteristics but have
different number of accidents. The number of accidents on the road are Ahmad Yani is by 72 incidents, as well as
highway accidents by 20 Darmo. Variables suspected as the cause of the accident was a violation of the implementation
of the action, road conditions, road environment, traffic volume Average Daily (LHR) as well as the capacity of the
road. This study aims to determine tingkapat difference between variables and determine the cause of the accident is a
tendency on the highway Jenderal Ahmad Yani and Darmo highway which is a vital road in the city of Surabaya.
The method used in this research is to use a different test techniques T Test and Chi Square difference test. to
determine the level of significance of the difference of each variable. This type of research is survey research. Source of
data used are primary and secondary data. Techniques of collecting data through observation or surveys and
documentation. Analyzed using different test using test method T or T test and Chi Square analysis of different test.
The results showed that 8 can be tested subvariabel distinguish, because the rest are considered not to be tested
because results scoring tends sama.Dari T Test results of the different test then the value of the highest significance of
difference is indicated by the variable Traffic Daily Average (LHR) is t count equal to 40.22 while the table is equal to
3,841 t of df = 1 and set error level is 5%. From 8 to test the different variables that have the highest propensity to
cause traffic accidents is Average Daily (LHR) high. Daily traffic volume average is high, especially on the highway
there is a General Ahmad Yani. Daily traffic volume figures Average (LHR) high that reached 3 times the capacity of
the road is supposed to be the reason LHR likely to be the cause of traffic accidents on two of the road.
Keywords: Different Test, Traffic Accide

Published
2013-07-29
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 20