PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERIPELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS DI MAN 2 GRESIK

  • WAHYU WIDAYATI

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI
PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS DI MAN 2 GRESIK
Wahyu Widayati
Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, wafuyu.haruslebihbaik@gmail.com
Sulistinah
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Abstrak
Geografi memiliki materi kompleks sehingga menuntut guru agar lebih kreatif dalam mengembangkan
pengajaran geografi yang lebih bermakna dengan memasukkan materi dalam kelas dengan media pembelajaran.
Pembelajaran geografi khususnya di materi pelestarian lingkungan hidup di MAN 2 Gresik masih menggunakan
media yang menekankan pada aspek visual. Akibat dari kondisi demikian membuat nilai siswa kelas XI IPS
yang masih belum tuntas mencapai 44,44 %. Dari masalah itulah penelitian ini mengambil tema penelitian
pengembangan media video (audio-visual) pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui desain pengembangan media, untuk mengetahui respon siswa dan untuk mengetahui perbedaan
hasil belajar siswa kelas XI IPS setelah menggunakan media video pembelajaran geografi dengan tema
pelestarian lingkungan hidup.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengembangkan
media video pembelajaran. Lokasi penelitian di Universitas Negeri Surabaya dan MAN 2 Gresik. Subyek
penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan
tes. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Uji statistik yang digunakan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar di kelas yang menggunaan media dengan yang tidak menggunakan media
melalui independent sample t-test, paired sample t-test. Untuk angket respon siswa dianalisis dengan skala
likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan mendapat
penilaian kelayakan sangat layak dari ahli media sebesar 83,33 % dan ahli isi sebesar 85,42 %. Angket respon
siswa menunjukkan kategori kuat dengan nilai sebesar 78,14 %. Untuk Uji t dengan independent sample t-test,
paired sample t-test diasumsikan ada perbedaan hasil belajar di kelas eksperimen sebelum dan sesudah
digunakan media video pembelajaran, namun nilai rata-rata kelas kontrol lebih besar dari kelas eksperimen.
Kondisi demikian dipicu oleh beberapa faktor yakni waktu belajar, kegiatan guru dalam mengajar dan
keunggulan metode ceramah yang bisa menjangkau materi yang cukup luas. Saran yang bisa diberikan kepada
sekolah adalah sebaiknya waktu pembelajaran harus disesuaikan dengan mata pelajaran yang akan dijadwalkan
karena hal tersebut bisa mempengaruhi semangat dan motivasi siswa dalam belajar.
Kata kunci: Pengembangan Media, Video Pembelajaran Geografi, Pelestarian Lingkungan Hidup
Abstract
Geography has a complex matter that requires teachers to be more creative in developing geography learning
more meaningful by incorporating the material in the classroom with instructional media. geography Learning
particularly in the matter of environmental preservation in MAN 2 Gresik still use media that emphasizes on the
visual aspect. As a result of this condition makes the value of class XI IPS that is still not completely reaching
44.44%. from that problem , this research takes the theme of the video media development research (audiovisual)
of learning geography. The purpose of this research is determining the design of media development in
order to know student reponse and determining differences the result of student learning XI IPS after using
video media of learning geography with environmental preservation theme. The type of this research is the
development research by developing learning video media. The location of this research is in the Surabaya State
University and MAN 2 Gresik. Subjects of this research were students of XI IPS 1 and IPS 2. Technique of data
collection are using questionnaires, observation and tests. Techniques of data analysis is using SPSS 16.0 for
Windows. Statistical tests that is used to determine differences in learning outcomes in the class that use the
media with class that do not use media are through independent sample t-test, paired sample t-test. For the
student responses questionnaire were analyzed with a Likert scale.These results indicate that the developed
learning video media gets very worthy feasibility assessment from media experts at 83.33% and 85.42% from
content experts. Student responses questionnaire showed strong category with a value at 78.14%. For the t test
with independent sample t-test, paired sample t-test is assumed there is a difference in learning outcomes before
and after using learning video media in the experimental class, but the average value of the control class is
larger than the experimental class. Such a condition is triggered by several factors namely learning time,
teacher activities and excellence in teaching lecture method that can reach wide material. Advice that can be
given to the school is the learning time should be a adjusted to the subjects to be scheduled because it can affect
the enthusiasm and motivation of student in learning.

Keywords: Media Development, Geography Learning Video, Environment Preservation

Published
2013-07-30
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 46